Dukungan Terus Mengalir, Warga Sampit Lakukan Aksi Simpatik Untuk Dahlan Iskan

id Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Warga Sampit, Aksi Simpatik Untuk Dahlan Iskan, Dahlan Iskan

Sampit (Antara Kalteng) - Kasus dugaan korupsi yang membelit mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengundang simpatik sebagian warga Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

"Kita menghargai proses hukum tapi saya sendiri melihat dedikasi pak Dahlan Iskan untuk negara tidak bisa diabaikan. Banyak gebrakan saat beliau menjadi menteri BUMN. Beliau mengabdikan diri untuk rakyat, bahkan tidak mau menerima gaji," kata Rudi, salah seorang warga Sampit, Minggu.

Aksi simpatik untuk Dahlan Iskan itu digelar di Taman Kota Sampit. Selain membubuhkan tanda tangan di selembar kain yang disiapkan panitia, warga juga berfoto bersama sambil memegang kertas bertuliskan huruf yang ketika dirangkai menjadi tulisan "SAVE DAHLAN ISKAN".

Sosok Dahlan Iskan sudah cukup dikenal masyarakat di daerah ini. Pria yang berlatar belakang jurnalis itu hingga kini masih rajin membuat tulisan yang mencerahkan melalui media massa miliknya yang tersebar di banyak daerah, termasuk di Kotawaringin Timur.

Dahlan tetap membuat tulisan mencerdaskan meski kini dia ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penjualan aset saat dia menjabat sebagai Direktur Utama PT Panca Wira Usaha (PWU), sebuah BUMD milik Pemprov Jawa Timur pada periode 2005-2010.

Masyarakat lebih mengenal sosok Dahlan melalui gebrakannya saat menjadi Menteri BUMN yang dinilai banyak membawa perubahan, khususnya memangkas birokrasi berbelit-belit dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Saya kurang paham soal hukum. Tapi jika pun ada kesalahan, mungkin itu karena ketidaktahuan beliau. Pak Dahlan itu kan tipe orang pekerja dan berasal dari swasta, jadi mungkin beliau terlalu percaya kepada anak buah tentang masalah administrasi," kata Didin, warga lainnya.

Banyak warga yang mengaku mengkhawatirkan kondisi Dahlan Iskan. Warga khawatir kasus ini mempengaruhi kondisi kesehatan pria paruh baya yang pernah menjalani operasi ganti hati itu.

Sementara itu, aksi tersebut mengundang perhatian warga. Secara spontan, mereka membubuhkan tanda tangan sebagai simbol dukungan moral kepada Dahlan Iskan agar tetap kuat menjalani cobaan ini.

Dahlan Iskan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penjualan aset PT PWU, perusahaan BUMD Pemprov Jatim pada periode 2000-2010. Dahlan sempat ditahan namun usulan penangguhan penahanannya dikabulkan.