Nah, Listrik dari PLTMG Untuk Barut Nyala Kembali

id PLTMG bangkanai, PLTMG, listri di muara teweh

Nah, Listrik dari PLTMG Untuk Barut Nyala Kembali

PLTMG Bangkinai. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Lisrik menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas di Muara Teweh dan sejumlah desa di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah kembali beroperasi setelah mengalami gangguan dan sebagian kawasan pemukiman ada dipadamkan.

"PLTMG mulai bisa singkron ke sistem Muara Teweh dan beroperasi sejak Sabtu (12/11) pukul 12.48 WIB dan secara bertahap mengambil alih beban Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Muara Teweh," kata Manajer PT PLN Muara Teweh, Tatok Winarko di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut Tatok normalnya kembali PLTMG itu karena sempat mengalami gangguan jaringan transmisi (blackout) di Muara Teweh pada Sabtu (12/11) sekitar pukul 01.15 WIB sehingga PLN menggunakan PLTD karena defisit daya sehingga terjadi pemadaman pada kawasan tertentu.

Upaya penormalan untuk kembali ke PLTMG terus diupayakan sejak tengah malam tadi, namun PLTMG Bangkanai saat mau konek atau masuk ke sistem listrik di Muara Teweh masih gagal atau belum singkron.

"Kita bersyukur pada Sabtu siang pada sekitar jam 13.02 WIB PLTD Muara Teweh sudah lepas dari sistem dan kembali diistirahatkan karena PLTMG beroperasi," katanya.

Tatok mengatakan untuk beban yang belum masuk yakni arah luar kota atau Kelurahan Jambu dan Jingah Kecamatan Teweh Baru mulai ditutup pukul 13.11 WIB dan bertahap normal sampai ujung.

"Kita harapkan gangguan listrik di Muara Teweh dan sejumlah desa ini tidak terjadi lagi," ujar Tatok.

Sebelumnya Irwansyah warga Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru mengeluhkan listrik di kawasan tempat tinggalnya padam sejak Sabtu dinihari hingga siang ini sampai pukul 13.00 WIB masih belum nyala.

"Alhamdulillah kini setelah jam 13.00 WIB lewat listrik di tempat kami dan sekitarnya kembali normal," kata dia.