Ayo! Polisi Di Desak Segera Usut Truk Bermuatan Kayu Olahan Di Duga Ilegal

id DPRD Kotawaringin Timur, DPRD Kotim, kayu ilegal, polres kotim, Jainudin Karim, Ayo! Polisi Di Desak Segera Usut Truk Bermuatan Kayu Olahan Yang Di Du

Ayo! Polisi Di Desak Segera Usut Truk Bermuatan Kayu Olahan Di Duga Ilegal

Truk bernomor Polisi S 9217 JA bermuatan kayu olahan diduga ilegal terbalik akibat bannya ambelas di ruas jalan Jenderal Ahmad Yani Sampit, Kabupaten Kotim, Kamis (17/11) sore. Kayu olahan tersebut diduga akan diselundupkan ke Jawa melalui terminal S

...polisi telah kecolongan dan teledor karena masih ada ditemukan truk angkutan berat yang melintas di ruas jalan yang tidak boleh dilalui oleh kendaraan besar seperti truk.
Sampit (Antara Kalteng) - Ketua komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Jainudin Karim mendesak kepolisian daerah itu mengusut truk bermuatan kayu olahan yang diduga kuat ilegal.

"Ini tidak bisa dibiarkan, sebab informasi yang saya terima kayu tersebut rencananya akan diselundupkan ke pulau Jawa melalui terminal Sampit," katanya di Sampit, Jumat.

Jainudin mengatakan, truk bermuatan kayu olahan diduga ilegal tersebut terbongkar karena terbalik akibat ambelas di jalan Jenderal Ahmad Yani Sampit pada Kamis (17/11) sekitar pukul 16.00 WIB.

Truk bermuatan kayu olahan tersebut telah melanggar rambu lalu lintas karena sesuai aturan ruas jalan tersebut tidak boleh dilalui oleh kendaraan bertonase besar dan angkutan berat lainnya seperti truk karena selain jalan protokol juga termasuk jalan kelas III.

"Dalam kasus ini polisi tidak cukup hanya memberikan sanksi pelanggaran lalulintas saja, namun polisi juga harus mengusut asal-usul kayu yang dimuatnya," katanya.

Menurut Jainudin polisi telah kecolongan dan teledor karena masih ada ditemukan truk angkutan berat yang melintas di ruas jalan yang tidak boleh dilalui oleh kendaraan besar seperti truk.

Dia meminta aparat kepolisian lebih meningkatkan kinerjanya supaya tidak terjadi lagi hal yang serupa.

"Saya minta supaya pemilik kayu itu di proses sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, dan kinerja polisi lalulintas agar lebih di tingkatkan," ucapnya.

Jainudin menduga penyelundupan kayu melalui terminal Sampit dengan diangkut truk sudah sering terjadi, hanya sekarang baru terungkap.

Sementara itu, Kapolres Kotawaringin Timur AKB Hendra Wirawan mengatakan jika saat ini pihaknya tengah melakukan pemeriksaan itensif terhadap sopir truk yang mengangkut kayu olahan tersebut.

"Kita masih melakukan pemeriksaan baik itu terhadap sopir maupun pengusutan asal-usul kayu yang dimuat truk bernomor polisi S 9217 JA tersebut," terangnya.