8 Kabupaten di Kalteng Tampilkan Tarian di 'Explore Exotica of Central Kalimantan'

id kalimantan tengah, explore exotica of central kalimantan, TMII jakarta

8 Kabupaten di Kalteng Tampilkan Tarian di 'Explore Exotica of Central Kalimantan'

Tarian Wadian Bawo dan Wadian Dadas Nulak Sampan Nguser Manyang Jala tarian khas Kabupaten Barito Selatan yang ditampilkan pada Explore Exotica Of Central Kalimantan, Jakarta, Minggu (20/11). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Jakarta (Antara Kalteng) - Delapan kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Tengah ikut menampilakn kesenian khas daerah masing masing pada Explore Exotica Of Central Kalimantan di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Berdasarkan pantauan Antara, di Jakarta, Minggu delapan kabupaten yang menampilkan seni dan budaya di anjungan Kalteng di TMII tersebut diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Barito Selatan dan Kotawaringin Timur.

Sedangkan kabupaten lainnya yang ikut ambil bagian pada event tersebut yakni Katingan, Gunung Mas, Kabupaten Barito Utara, kabupaten Pulang Pisau dan kabupaten Kapuas.

"Kegiatan ini sebagai sarana untuk memperkenalkan seni dan budaya Kalimantan Tengah," kata Gubernur Sugianto Sabran melalui Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kalteng Yuwel Tanggara.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku seni dan budaya, sekaligus untuk meningkatkan kunjungan wisata diwilayah provinsi yang berjuluk Bumi Tambun Bungai ini.

"Kita berharap, melalui kegiatan ini, seni dan budaya dan potensi pariwisata masing-masing kabupaten yang ada di Kalteng ini dapat dikenal masyarakat secara luas," kata dia.

Ia menyampaikan, karena Kalteng merupakan salah satu tempat kunjungan pariwisata, pihaknya terus melakukan pengambangan terhadap potensi pariwisata tersebut.

Kegiatan Explore Exotica Of Central Kalimantan itu dihadiri sejumlah duta besar dari beberapa negara dan acara tersebut dibuka dengan pemukulan katambung yang dilakukan Dirut TMII bersama Kadis Pariwisata dan Kalteng, Yuwel Tanggara.