Promosikan Budaya Kotawaringin Timur Lewat Pentas Seni Nasional Di TMII

id Fajrurrahman, Promosikan Budaya Kotawaringin Timur, Pentas Seni Nasional, Explore Exotica Of Central Kalimantan

Promosikan Budaya Kotawaringin Timur Lewat Pentas Seni Nasional Di TMII

Kelompok Tari, Putra dan Putri Pariwisata Kotawaringin Timur dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Fajrurrahman berfoto di sela keikutsertaan dalam Explore Exotica Of Central Kalimantan di TMII Jakarta, Minggu (20/11/2016). (Humas Pemkab Kotim

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terus gencar mempromosikan pariwisata daerah, di antaranya melalui keikutsertaan pentas seni di tingkat nasional bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Ini salah satu upaya kita mempromosikan potensi pariwisata daerah ini kepada masyarakat luas. Ini juga bagian dari upaya kita mewujudkan Sampit sebagai kota tujuan wisata," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, Fajrurrahman dihubungi dari Sampit, Minggu.

Kotawaringin Timur berpartisipasi dalam acara Explore Exotica Of Central Kalimantan yang diselenggarakan di Anjungan Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan Minggu (20/11) pukul 09.30 hingga 16.00 WIB.

Kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah menampilkan kesenian daerah masing-masing. Berbagai kesenian yang ditampilkan adalah tari daerah, karungut, lagu-lagu daerah, fashion show, kuliner dan pameran.

"Kotawaringin Timur menampilkan tarian Manungkui, karungut, fashion show busana etnik Kotawaringin Timur yaitu motif anggrek tewu, gayung birang, katuk kalakai dan karamunting," kata Fajrurrahman.

Kegiatan ini merupakan ajang tahunan kepariwisataan Kalimantan Tengah yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi dengan melibatkan kabupaten dan kota. Acara ini juga dihadiri duta besar sejumlah negara.

Fajrur berharap kegiatan ini membuat potensi pariwisata Kalimantan Tengah, khususnya Kabupaten Kotawaringin Timur, makin dikenal masyarakat luas. Dengan begitu makin banyak wisatawan yang berkunjung dan berinvestasi ke Kotawaringin Timur sehingga membawa dampak positif bagi masyarakat dan daerah.

Fajrurrahman mengatakan, potensi pariwisata di Kotawaringin Timur sangat besar dan tidak kalah dibanding daerah lain. Potensi pariwisatanya sangat beragam seperti wisata alam berupa pantai, hutan dan susur sungai, wisata budaya, religi, kuliner serta hiburan.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga menggandeng pihak swasta seperti pengusaha perhotelan, biro perjalanan dan kuliner untuk sama-sama mengembangkan pariwisata daerah. Potensinya sangat besar dan bisa menjadi sektor andalan baru bagi daerah.