Kapuas Ikuti Tandak Intan Kaharingan

id Kapuas, Kuala Kapuas, Pemkab Kapuas, Sekda Kapuas, Rianova, Tandak Intan Kaharingan, Kaharingan

Kapuas Ikuti Tandak Intan Kaharingan

Sekda kapuas Rianova lepas peserta festival Tandak Intan Kaharingan ke Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalteng (Foto Humas Kapuas)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Sebanyak 89 peserta yang mengikuti Festival Tandak Intan Kaharingan ke VIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kuala Kurun. 

Festival yang akan dilaksanakan pada 25 - 30 November 2016 tersebut bertujuan antara lain untuk meningkatkan iman dan taqwa sebagai landasan terbentuknya sikap moral dan akhlak mulia.

Acara tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan sebagai wujud pemahaman ajaran Penyang Hinje Simpei Paturung Humba Tamburak serta meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap Kitab Suci Panaturan dan Pelaksanaan Upacara Keagamaan lainnya sesuai dengan keyakinan Umat Hindu Kaharingan dalam kehidupan sehari-hari, kata Sekda Kabupaten Kapuas, Rianova, Jumat.

Pihaknya juga menyampaikan pesan agar semua peserta tetap menjaga kesehatan dan jauhi obat-obatan terlarang serta minuman keras. 

"Saya berpesan agar Kontingen Kabupaten Kapuas untuk tetap jaga nama baik daerah Kabupaten Kapuas dan terus mengharumkan nama daerah," katanya.

Rianova juga mengatakan agar dalam festival ke depannya yang dilaksanakan di Puruk Cahu, Murung Raya tahun 2018 agar dipersiapkan dananya, karena ungkap dia dana yang ada dari APBD bisa dikatakan masih kurang.

"Tahun depan perlu dipersiapkan dipersiapkan semaksimal  mungkin karena apabila dana itu ada dapat membangkitkan semangat peserta untuk mengikuti Festival," ucapnya.

Sementara dari 89 peserta yang mengikuti festival tersebut  terdiri dari Kecamatan Timpah berjumlah 21 orang, Kecamatan Mantangai berjumlah 28 orang, Kecamatan Kapuas Hulu berjumlah 20 orang dan Kecamatan Selat berjumlah 20 orang.