Lulusan SMK Harus Miliki Kemampuan Dan Siap Hadapi Persaingan Global

id Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muara Teweh, Jainal Abidin, Lulusan SMK, Miliki Kemampuan, Siap Hadapi Persaingan Global

Lulusan SMK Harus Miliki Kemampuan Dan Siap Hadapi Persaingan Global

Sekda Pemkab Barito Utara Jainal Abidin menyerahkan potongan kue Ulang Tahun kepada Kepala SMKN 1 Muara Teweh, Ardian pada peringatan HUT ke 31 SMKN 1 Muara Teweh, di Gedung Olah Raga (GOR) Jalan Pramuka Muara Teweh, Selasa. (Foto Antara Kalteng/Kas

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah harus memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus sekolah.

"Apalagi sekolah ini telah mengabdikan diri dan berkarya pada dunia pendidikan khususnya kepada tunas-tunas muda putra putri Barito Utara dalam membangun edukasi dan skill yang terampil," kata Bupati Barito Utara, Nadalsyah dalam sambutanya dibacakan Sekretaris Daerah Pemkab setempat, Jainal Abidin pada HUT SMKN 1 Muara Teweh ke-31 di Muara Teweh, Selasa.

Menurut dia, diusia yang ke-31 tahun ini SMKN 1 Muara Teweh telah mengabdikan diri dan berkarya dalam dunia pendidikan di Kabupaten Barito Utara.

Diharapkan SMKN 1 Muara Teweh, kata dia, mampu mempertahankan ataupun meningkatkan prestasinya baik akademis maupun non akademis. Begitu pula diucapkan terima kasih kepada SMKN 1 Muara Teweh yang telah ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT PGRI yang ke-71 dan Hari Guru Nasional ke 23 baik itu terlibat dalam susunan kepanitiaan ataupun merupakan peserta lomba yang acara puncaknya diselenggarakan pada 28 Nopember 2016.

"Dalam dasawarsa terakhir ini, pemerintah lebih menekankan pada pendidikan kejuruan. Hal ini dikarenakan agar lulusan SMK selain memiliki bekal ilmu pengetahuan juga memiliki kemampuan kompetensi sesuai dengan bidangnya," katanya.

Lulusan SMK selain memiliki bekal ilmu pengetahuan juga harus memiliki kemampuan kompetensi sesuai dengan bidangnya untuk mengabdikan dirinya bagi masyarakat dan memperbaiki taraf hidup rakyat khususnya dilingkup Barito Utara dengan kemampuannya untuk berwirausaha ataupun menciptakan lapangan kerja sendiri.

Hal ini tidak hanya berharap untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) namun mampu mencapi perkembangan perekonomian yang maju di masyarakat melalui kecakapan hidup yang didapat selama mengikuti pendidikan di SMK Negeri 1 Muara Teweh.

"Saya juga berharap kepada seluruh siswa di Barito Utara khususnya siswa SMK Negeri 1 Muara Teweh, agar tidak terprovokasi pada berita-berita yang kiranya dapat membahayakan keutuhan NKRI. Demikian juga dengan penggunaan media sosial atau jejaring sosial agar kita berhati-hati pula dalam menyampaikan aspirasi dalam bentuk apapun sehingga tidak menyinggung pihak manapun," pintanya.

Dia juga mengatakan bahwa pimpinan daerah akan selalu membina dan mendukung program kerja yang disusun oleh SMK Negeri 1 Muara Teweh demi memajukan pendidikan di Kabupaten Barito Utara.

"Kita menyadari bahwa tantangan ke depan akan lebih banyak, namun saya yakin bahwa keluarga besar SMK Negeri 1 Muara Teweh mampu menghadapi tantangan tersebut dengan mengedepankan azas kekeluargaan dan kerjasama demi kemajuan pendidikan," ujarnya

Kepala SMKN 1 Muara Teweh, Ardian mengatakan bahwa dalam rangka memperingati HUT ke 31 SMKN 1 Muara Teweh berbagai kegiatan lomba dilaksanakan. Kegiatan lomba tersebut adalah lomba basket, volly ball, futsal, bulu tangkis dan lainnya.

"Kegiatan ini diikuti sekolah-sekolah dalam kota Muara Teweh dan sekitarnya," katanya.