Bupati Minta Investor Asing Promosikan Wisata Seruyan

id seruyan, wisata seruyan, investor asing di seruyan, danau sembuluh,

Bupati Minta Investor Asing Promosikan Wisata Seruyan

Orangutan liar yang ada di Camp Saluang Mas Taman Nasional Tanjung Puting wilayah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah tampak bergelantungan dari pohon ke pohon. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono meminta investor asing untuk ikut mempromosikan objek wisata yang ada di kabupaten tersebut.

"Saya ingin investor yang datang tidak hanya melihat peluang investasi, tapi juga bisa ikut mempromosikan kekayaan lain, khususnya objek wisata yang ada di Seruyan," kata Sudarsono di Kuala Pembuang, Sabtu.

Dikatakan, Seruyan memiliki banyak potensi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, berbagai objek wisata tersebut tidak begitu dikenal luas karena kurang dipromosikan.

Karena itulah setiap kali menerima kunjungan warga negara asing, baik itu pengusaha atau yang lainnya, saya selalu mengajak mereka untuk menyempatkan diri berkunjung ke objek wisata di Seruyan.

Salah satu potensi objek wisata Seruyan yang kurang dipromosikan adalah Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), dan sebagian besar wisatawan lokal maupun mancanegara mengenal TNTP hanya ada di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Padahal dari 415 hektar luas wilayah TNTP, 48 persennya berada di Seruyan.

"Saya sering sampaikan ini kepada warga asing yang berkunjung ke Seruyan agar mereka mengetahui dan ikut menyampaikan ini di negaranya masing-masing sehingga gaungnya lebih besar," katanya.

Menurutnya, walaupun TNTP di Seruyan dengan di Kobar sama-sama memiliki orangutan sebagai daya tarik. Namun, TNTP di Seruyan memiliki konsep yang berbeda dengan TNTP di Kobar.

Di TNTP Seruyan, tepatnya di Camp Saluang Mas yang berjarak 45 menit melalui jalur darat dari Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau, wisatawan dapat menyaksikan kehidupan orangutan yang masih liar dan asli, sedang orangutan di TNTP Kobar sudah biasa dekat dengan manusia.

Destinasi TNTP Seruyan juga dapat dikolaborasikan dengan destinasi objek wisata lain seperti Danau Sembuluh di Kecamatan Danau Sembuluh yang merupakan danau terbesar di Kalteng dan terbesar ke tujuh di Indonesia.

Kemudian, wisata budaya di Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya yang merupakan desa budaya dayak di Kalteng, serta sejumlah objek wisata lain seperti sungai, hutan dan pantai.

Sebenarnya peluang besar bagi Seruyan, karena trend sekarang ini wisatawan asing lebih menyukai yang asli atau yang masih alami. Jadi keunggulan ini yang harus dipromosikan secara luas, katanya.