Hah! Tiket Garuda Timika-Biak Hingga Januari Habis Diborong Oleh ...

id Garuda, Tiket Garuda Timika-Biak Hingga Januari Habis Diborong

Hah! Tiket Garuda Timika-Biak Hingga Januari Habis Diborong Oleh ...

Ilustrasi (FOTO ANTARA Kalteng/Rachmat Hidayat)

Timika (Antara Kalteng) - Tiket penerbangan Garuda Indonesia rute Timika-Nabire-Biak sudah terjual habis untuk penerbangan hingga 5 Januari 2017, yang sebagian besar kabarnya sudah dibeli oleh karyawan PT Freeport Indonesia dan keluarganya.

"Kami menerima banyak keluhan dari masyarakat karena tidak bisa menggunakan penerbangan Garuda ke Nabire dan Biak untuk liburan Natal dan Tahun Baru," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Mimika John Rettob di Timika, Sabtu.

Informasinya, semua seat sudah dibeli oleh karyawan PT Freeport dan keluarganya, tambahnya.

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengoperasikan pesawat ATR 72-600 melayani rute penerbangan Biak-Nabire-Timika-Nabire-Jayapura-Nabire-Biak kapasitas 70 kursi (semua kelas ekonomi).

Penerbangan Garuda Indonesia pada rute itu disediakan setiap Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu. Waktu tempuh penerbangan Timika-Nabire sekitar 40 menit.

John mengatakan mengingat permintaan tiket penerbangan rute Timika-Nabire-Biak sangat tinggi selama memasuki liburan Natal dan Tahun Baru 2017 maka Dishubkominfo Mimika segera berkoordinasi dengan pihak maskapai Garuda Indonesia guna mendapatkan jalan keluarnya.

Penerbangan ke rute-rute lain menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air kini terlihat mulai padat. Bahkan, dilaporkan mulai 15 Desember hingga akhir Desember, tiket penerbangan dari Timika ke berbagai kota di wilayah barat sudah penuh.

"Kelihatan setelah 15 Desember hingga akhir tahun tiket penerbangan ke Jakarta, Makassar dan Denpasar dari Timika sudah penuh semua. Kami akan berkoordinasi dengan semua operator penerbangan kebijakan apa yang mereka tempuh jika kondisinya semakin sulit mendapatkan tiket penerbangan," jelas John.

Sejauh ini, katanya, maskapai Garuda Indonesia telah memutuskan menambah frekuensi penerbangan khusus untuk rute Timika-Sorong-Manado sejak Jumat (9/12) dari sebelumnya hanya tiga kali sepekan menjadi penerbangan setiap hari.

Rute penerbangan tersebut dilayani pesawat jenis ATR berkapasitas 96 tempat duduk.

Sedangkan untuk penerbangan rute Timika-Makassar-Jakarta atau Timika-Denpasar-Jakarta, maskapai Garuda Indonesia mengoperasikan dua pesawat jenis Boeing 737 seri 800. Demikian halnya dengan maskapai Sriwijaya Air mengoperasikan dua pesawat untuk melayani rute Timika-Makassar-Jakarta.