Antisipasi Macet, Polres Siapkan Rekayasa Lalulintas Untuk Kendaraan Berat

id Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Sampit, Antisipasi Macet , PolresSiapkan Rekayasa Lalulintas Untuk Kendaraan Berat

Antisipasi Macet, Polres Siapkan Rekayasa Lalulintas Untuk Kendaraan Berat

Kapolres Kotim, AKBP Hendra Wirawan (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, akan mengalihkan arus lalu lintas kendaraan berat seperti truk dan sejenisnya untuk mencegah kemacetan saat perayaan malam tahun baru 2017.

"Rekayasa lalu lintas akan kami lakukan saat malam tahun baru. Jalan lingkar akan digunakan untuk pengalihan arus, khususnya untuk truk dan sejenisnya," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kotawaringin Timur, AKP Boni Ariefianto di Sampit, Jumat.

Titik-titik yang diperkirakan akan menjadi lokasi konsentrasi massa, seperti kawasan Taman Kota Sampit, ikon kota Patung Jelawat, Borneo City Mall dan objek wisata pantai Ujung Pandaran. Selain menempatkan personel untuk mengatur arus lalu lintas, rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup juga akan dilakukan sesuai kebutuhan.

Potensi kemacetan lalu lintas di kawasan kota Sampit terjadi saat malam tahun baru. Sedangkan potensi kemacetan di objek wisata pantai Ujung Pandaran justru terjadi pada subuh hingga pagi hari saat arus balik pengunjung.

Boni meminta bantuan Polsek untuk turut memantau arus lalu lintas di wilayah masing-masing. Kehadiran anggota Polsek sangat membantu pengaturan kelancaran arus lalu lintas.

"Nanti H-2 sebelum malam tahun baru, kami bersama Dinas Perhubungan akan menggelar apel juru parkir supaya mereka membantu mengatur kendaraan yang baik dan mengatur lalu lintas. Yang diantisipasi adalah juru parkir dadakan di depan Borneo City Mall. Kalau tidak diantisipasi maka bisa terjadi penumpukan kendaraan," kata Boni.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur, H Fadlian Noor mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Polres Kotawaringin Timur untuk membantu pengaturan lalu lintas.

"Personel kami akan membantu mengatur lalu lintas, tentunya berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas. Nanti juru parkir juga akan kami kumpulkan supaya bisa membantu kelancaran lalu lintas," kata Fadlian.

Pihaknya sudah menginformasikan kepada pengelola parkir untuk mengarahkan juru parkir berperan membantu kelancaran lalu lintas. Fadlian mengimbau masyarakat mematuhi aturan agar arus lalu lintas lancar dan pengendara selalu aman. ***2***

(T.KR-NJI/B/F003/F003) 23-12-2016 21:13:57