Surplus Listrik, Barut Harus Perbanyak Promosi Dan Undang Investor, kata Legislator Ini

id DPRD Barito Utara, Barito Utara, Kalimantan Tengah, Surplus Listrik, Barut Harus Perbanyak Promosi Dan Undang Investor, PLTMG Bangkanai

Surplus Listrik, Barut Harus Perbanyak Promosi Dan Undang Investor, kata Legislator Ini

PLTMG Bangkinai sedang melakukan ujicoba mesin selama 3X24 jam. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah diminta gencar mempromosikan beroperasinya listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Bangkanai, sehingga daerahnya saat ini memiliki surplus daya listrik sekitar 155 megawatt.

"Kami sarankan kepada Pemkab Barito Utara untuk memperbanyak promosi mengenai kondisi daerah ini yang sudah surplus daya listrik, juga segera melakukan pertemuan dengan para investor," kata anggota DPRD Barito Utara (Barut) Asran di Muara Teweh, Senin.

Menurut Asran, sebaiknya di tahun 2017 ini pemerintah daerah lebih fokus memperkuat promosi tentang keunggulan daerah dengan mengundang sebanyak-banyaknya para investor untuk berinvestasi di daerah ini, sehingga pergerakan investasi daerah ini akan semakin pesat.

"Sebab banyak usaha-usaha yang bisa dikembangkan seperti perdirian pabrik karet ataupun pabrik pengolahan minyak kelapa sawit menjadi minyak goreng serta pabrik-pabrik UMKM lainnya," kata Ketua Komisi B DPRD Barito Utara ini.

Anggota DPRD lainnya Henny Rosgiaty Rusli juga menambahkan, dengan adanya surplus aliran listik di Kabupaten Barito Utara ini tentu harus ada upaya-upaya dari Pemkab Barito Utara untuk mengundang para investor ke daerah ini.

Kondisi daerah yang sudah memiliki keunggulan seperti kelebihan daya listrik mesti dimanfaatkan dengan baik dengan menggandeng investor. Untuk mengundang para investor ke daerah ini harus juga didukung sarana dan prasarana lainnya seperti jalan dan jembatan.

"Selanjutnya persiapkan pelayanan prima perizinan yang lebih memudahkan, sehingga investor tidak merasa dipersulit ketika mereka mengurus kelengkapan dokumen perizinan yang diinginkan, sehinga daerah akan semakin berkembang. Dan investor akan merasa nyaman mendapat pelayanan," kata Henny yang juga politisi dari PDI Perjuangan ini.

Sebelumnya Direktur PLN Bisnis Regional Kalimantan, Joko Raharjo Abumanan dalam acara tasyakuran pra peresmian PLTMG Bangkanai di Gardu Induk kilometer 11 Muara Teweh-Puruk Cahu beberapa waktu lalu mengharapkan para investor untuk masuk berinvestasi ke Kabupaten Barito Utara.

Dia pun berharap kepada Pemkab Barito Utara agar dapat menjalin kerja sama seperti mengundang para investor untuk menanamkan investasinya pada daerah ini.

"Pada prinsipnya Kabupaten Barito Utara tak ada kendala masalah daya listrik, malahan kapasitas daya yang dimiliki sudah melebihi," katanya.