Wah! Tingkatkan Jalan Kelurahan, Pemkot Siapkan Rp19,5 Miliar

id Wah! Tingkatkan Jalan Kelurahan, Pemkot Siapkan Rp19,5 Miliar, Arbert Tombak, Kelurahan Petuk ketimpun

Wah! Tingkatkan Jalan Kelurahan, Pemkot Siapkan Rp19,5 Miliar

Jalan Karanggan 13, di Palangka Raya. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangnya telah menyiapkan anggaran sekira Rp19,5 miliar untuk peningkatan jalan ditiga kelurahan di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini.

Sekretaris Dinas PU dan Penataan Ruang, Arbert Tombak di ruang kerjanya, Selasa mengatakan anggaran tersebut dimanfaatkan untuk perbaikan kualitas jalan.

"Untuk Kelurahan Marang dengan setatus rehab disediakan Rp10 miliar. Sedangkan Kelurahan Petuk Bukit kita sediakan Rp7 miliar. Sementara Untuk Kelurahan Petuk ketimpun kita siapkan dana sekitar Rp2,5 miliar," katanya.

Dia menerangkan, sebab pihaknya mengalokasikan dana untuk proyek di Kelurahan Petuk Ketimpun sebih sedikit dibanding dua kelurahan yang lain karena pengerjaannya telah dilakukan sejak 2015. Pada 2016 lalu pun pihaknya juga telah mengeluarkan dana sekira Rp9 miliar untuk membangun jalan yang sama.

"Ketiga proyek ini akan dimulai pada tahun anggaran 2017. Target penyelesaian juga pada tahun yang sama. Pengerjaannya proyek di tiga kelurahan itu pun direncanakan dilakukan bersamaan," katanya.

Dia menerangkan, tujuan pembukaan jalan dan perbaikan jalan tersebut dimaksudkan agar seluruh masyarakat terutamanya yang berada dipingira aliran sungai bisa merasakan akses jalan darat yang bagus.

Selain itu juga untuk mempermudah masyarakat setempat menuju dan mendapatkan akses ke pusat-pusat layanan publik.

"Khusus untuk Kelurahan Petuk Ketimpun seiring dengan semakin baiknya akses jalan darat di lokasi tersebut, wisata danau yang ada disaja diharapkan semakin berkembang dan semakin banyak dikunjungi wisatawan," katanya.

Sementara itu, Kabid Bina Marga, Eko Subandio, menjelaskan secara teknis bagaimana proses pelaksanaan serta progres penyelesaikan proyek akan manjadi pertimbangan tersendiri.

"Total lebar jalan ialah enam meter. Lebar aspal bersih aempat meter, badan jalan memiliki lebar dua meter yakni satu meter di sisi kiri dan satu meter di sisi kanan jalan," kata Eko.

Dia mengatakan, apabila cuaca baik dan bersahabat pengerjaan tersebut diperkirakan rampung dalam waktu sekira dua bulan. Namun apabila cuaca kurang bersahabat maka tengang penyelesaian proyek memakan waktu lebih lama.