Pelayanan Air Bersih Barsel Capai 70 Persen

id barito selatan, desa baru, PDAM Barsel, pelayanan air bersih di barsel

Pelayanan Air Bersih Barsel Capai 70 Persen

Direktur PDAM Barsel, Kalteng, Mariyanto. (FOTO ANTARA Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Perusahaan Daerah Air Minum Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menyampaikan, pelayanan air bersih di pedesaan di wilayah itu sudah mencapai 70 persen.

"Sejumlah desa-desa yang sudah mendapatkan pelayanan air bersih tersebut tersebar di enam kecamatan," katan Direktur PDAM Barsel, Marianto di Buntok, Selasa.

Ia mengatakan, pada tahun 2017 ini pihaknya akan membangun dua unit pengolahan untuk mengaliri air bersih dilima desa di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

"Dua unit pengolahan itu rencananya akan dibangun di desa Baru kecamatan Dusun Selatan dan di desa Talio Kecamatan Karau Kuala,"jelas Marianto.

Sedangkan untuk kapasitas disejumlah desa yang dialiri menggunakan sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tersebut lanjut Direktur PDAM dengan kecepatan 10 liter/detik.

Ia menjelaskan, untuk unit pengolahan di desa Baru sasarannya untuk melayani para pelanggan yang berada di didesa Baru, desa Teluk Telaga, Muara Talang dan desa Danau Sadar.

"Dana yang digunakan untuk membangun tempat pengolahan dan fasilitas air bersih di desa Baru bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 8 miliar,"ucap dia.

Sedangkan untuk membangun tempat pengolahan dan fasilitas air bersih di desa Talio, Kecamatan Karau Kuala sebesar Rp 3 miliar yang mana berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Pada bulan April 2017 mendatang, air bersih tersebut dipastikan sudah bisa mengalir ke rumah-rumah warga pelanggan disejumlah desa dimaksud," demikian Marianto.