Kuota Haji Barito Selatan Bertambah Jadi 109 Orang

id barito selatan, kemenag barsel, kuota haji barsel

Kuota Haji Barito Selatan Bertambah Jadi 109 Orang

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementrian Agama Barsel, Arbaja. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Kuota sementara calon jamaah haji asal kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang rencananya akan diberangkatkan pada 2017 ini bertambah menjadi 109 orang.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Barsel Arbaja di Buntok, Selasa mengatakan berdasarkan data estimasi dari tahun sebelumnya jamaah haji Barsel 2017 sebanyak 87 orang dan jumlahnya diperkirakan akan bertambah menjadi 109 orang.

"Bertambahnya kouta haji Barito Selatan ini seiring dengan bertambahnya kuota haji untuk provinsi Kalimantan Tengah, yakni dari 1.069 orang bertambah menjadi 1.603 orang pada 2017 ini," katanya ketika dihubungi melalui telepon selularnya.

Secara otomatis, dengan bertambahnya kuota haji provinsi Kalimantan Tengah, maka kuota haji Barito Selatan yang akan menunaikan rukun Islam kelima ke tanah suci Mekkah juga mengalami penambahan dengan estimasi sebanyak 109 orang.

"Untuk kepastian berapa jumlah yang akan diberangkatkan nantinya, masih menunggu informasi pelunasan ongkos naik haji dari Kementerian Agama Republik Indonesia," ucap Arbaja.

Ia menjelaskan, jamaah haji yang akan diberangkatkan pada tahun 2017 ini, mereka yang menyetor haji pada Nopember dan Desember 2009 serta bulan Januari dan Februari 2010 lalu.

Meskipun masih belum dipanggil untuk melakukan pelunasan, akan tetapi 109 orang calon haji asal Barito Selatan ini telah kita minta untuk memeriksakan kesehatan di Puskesmas ditempatnya masing-masing.

"Hal itu dilakukan untuk mendeteksi secara dini kondisi kesehatannya, dan kalau memang ada terserang penyakit tertentu, maka bisa diantisipasi sehingga pada saat berangkat kondisinya sehat," demikian Arbaja.