Polsek Karau Kuala Pasang Spanduk Imbauan Karhutla

id Barito Selatan, Barsel, Buntok, Spanduk Imbauan Karhutla, Polsek Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan

Polsek Karau Kuala Pasang Spanduk Imbauan Karhutla

Foto Ilustrasi - Kebakaran Lahan (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Polsek Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, memasang spanduk imbauan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Pemasangan spanduk imbauan ini merupakan perintah langsung dari atasan sebagai langkah persiapan dalam menanggulangi kemungkinan terjadinya Karhutla," kata kapolsek karau Kuala, Iptu Dwi Nurcahyono, di Buntok, Selasa.

Menurut dia, pemasangan spanduk di berbagai tempat yang mudah dilihat dan dibaca ini dimaksudkan agar tidak ada lagi membuka lahan untuk berkebun atau bertani dengan cara membakar hutan dan lahan.

"Kita mengharapkan, semua pihak menyadari dampak dari membakar hutan dan lahan akan menimbulkan asap yang dapat menggangu kesehatan kita semua,"ucap dia.

Sebelumnya Kapolres Barsel, AKBP Yussak Angga beberapa waktu lalu mengimbau pihak Polsek di wilayah kabupaten setempat memasang spanduk untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Kepada pihak Polsek diminta harus siap siaga serta melakukan sosialisasi dan imbauan melalui pemasangan spanduk dalam upaya pencegahan dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Semua pihak diminta menyadari bahwa dampak dari membakar hutan dan lahan akan bisa menimbulkan asap yang sangat menggangu kesehatan masyarakat,"ujar Kapolres Barsel Yussak Angga.

Ia juga menegaskan, bagi yang mambuka lahan dengan cara membakar dan apabila terbukti akan dikenakan sanksi pidana sesuai peraturan dan Perundang-Undangan yang berlaku.