Ayo! Desa Diminta Segera Serahkan Profil Daerahnya

id Gunung Mas, Kuala Kurun, Gumas, Borneo, DPMPD

Ayo! Desa Diminta Segera Serahkan Profil Daerahnya

Logo Gunung Mas (Istimewa)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) meminta kepada setiap desa yang ada di daerah tersebut untuk segera menyerahkan profil wilayahnya masing-masing dalam waktu dekat.

"Kami minta paling lambat tanggal 20 April mendatang seluruh desa harus sudah selesai membuat profil desa. Mudah-mudahan sebelum batas waktunya semua sudah menyerahkan profil desanya masing-masing," kata Kepala DPMPD Kabupaten Gumas Yuliu, di Kuala Kurun, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, profil desa yang dimaksud adalah mencakup data jumlah penduduk, luas wilayah, batas-batas desa, dan hal lainnya yang berkaitan dengan desa.

Menurutnya, melalui profil itu, semua desa nantinya akan dapat diklasifikasikan termasuk kategori desa apa.

"Beberapa kriteria desa itu adalah, swadaya, swakarya, ataupun swasembada, semua itu dinilai berdasarkan profil yang disampaikan nanti," ujarnya.

Pihaknya juga merencanakan untuk melakukan jemput bola ke kecamatan agar hal itu bisa direalisasikan. Apabila sudah ada penentuan klasifikasi desa, baru bisa dibuatkan peraturan bupati (perbup) terkait desa itu.

Ditambahkannya, keberadaan profil desa sangat penting. Tanpa itu, pendataan organisasi perangkat desa itu tidak bisa dilakukan. 

”Untuk pendataan organisasi perangkat desa, harus sesuai dengan klasifikasi desa tersebut,” demikian Yulius Agau.