Barut Gelar Bimtek Pemutakhiran Data PBB P2

id Barito Utara, Barut, Muara Teweh, Pemutakhiran Data PBB P2, Aswadin Noor, Bimtek Pemutakhiran Data PBB P2

Barut Gelar Bimtek Pemutakhiran Data PBB P2

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Barito Utara, Aswadin Noor memberikan sambutan saat membuka Bimtek PBB P2 di Muara Teweh, Senin (13/3/17). (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng)- Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melaksanakan bimbingan teknis pemutakhiran data Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB P2) yang dikuti para Ketua RT se Kelurahan Melayu dan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah.

"PBB P2 adalah merupakan salah satu sumber PAD yang potensial sebagai sumber pembiayaan kegiatan pemerintahan maupun pembangunan daerah serta upaya mensejahterakan masyarakat," kata Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Utara (Barut) Aswadin Noor saat membuka bimtek yang dihadiri Camat Teweh Tengah Eveready Noor di Muara Teweh, Senin.

Menurut Aswadin, terkait dengan hal itu, penciptaan dan pengelolaan PBB P2 sangat dipellukan tata kelola yang baik dan profesional, diantaranya adalah data PBB P2 yang akurat dan valid.

"Untuk itu perlu adanya pemutakhiran data PBB P2, termasuk validasi data piutang PBB P2," katanya.

Dia juga mengharapkan dengan adanya bimtek ini, para peserta memiliki pengetahuan, keterampilan dan pemahaman dalam melaksanakan kegiatan pemutakhiran data PBB P2, sehingga diharapkan dapat menghasilkan data objek PBB P2 yang akurat dan tercatatnya

data PBB P2 dengan baik dan benar.

"Untuk itu saya mengharapkan bimtek ini dilaksanakan secara efektif dan efesien, dimana muatan materi dan metode bimtek agar dikemas sebaik mungkin yang lebih mengarah kepada praktik langsung data-data objek PBB P2 yang ada di wilayah masing-masing," kata dia.

Keberhasilan pemutakhiran data PBB P2 ini, kata dia, sangat diperlukan kerjasama dan komitmen bersama seluruh stakeholder terkait, seperti kecamatan, kelurahan dan desa serta RT, RW dan masyarakat wajib pajak.

"Dengan itu semua, kita harapkan akan mampu secara optimal memberikan dampak peningkatan PAD Kabupaten Barito Utara dari sektor PBB P2," ujar Aswadin Noor.

Kabid PBB dan BPHTB, Mastur mengatakan bimtek ini bertujuan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta pemahaman peserta dalam pemutahiran data PBB P2. Meningkatkan kinerja dalam upaya pencapaian target penerimaan di sektor PBB P2 tahun 2017.

"Tahap pertama ini peserta berasal dari Kecamatan Teweh Tengah yaitu Kelurahan Melayu dan Kelurahan Lanjas dengan peserta terdiri dari petugas Kecamatan Teweh Tengah, petugas Kelurahan Melayu dan Kelurahan Lanjas dan petugas dari BPPD setempat," ucapnya.