DAD Kalteng Ajak Masyarakat Ikuti Program BPJS Kesehatan

id Kalimantan Tengah, Kalteng, DAD Kalteng, Andrie Elia Embang, BPJS Kesehatan, Fitria Nurlaila Pulukadang, Program BPJS

DAD Kalteng Ajak Masyarakat Ikuti Program BPJS Kesehatan

Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah, Andrie Elia Embang (dua kanan) bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Fitria Nurlaila Pulukadang di Palangka Raya, Kamis (23/3/17). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

...Maka jika sewaktu-waktu kita sakit tidak pusing lagi memikirkan biaya pengobatan. Terlebih kita tidak tahu kapan kita sehat maupun sakit,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah, Andrie Elia Embang, mengajak masyarakat di provinsi setempat untuk mengikuti kepesertaan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Kami selaku pengurus DAD Kalteng menyambut positif program BPJS Kesehatan karena selain program negara juga merupakan program yang menjamin dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususnya di Kalteng. Makanya saya mengajak masyarakat berpartisipasi," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Dengan adanya BPJS Kesehatan maka masyarakat yang berobat mendapat jaminan pembiayaan sehingga dapat menekan pengeluaran.

"Apalagi iuran BPJS ini dilakukan bertahap atau bulanan dengan besaran sesuai kemampuan. Maka jika sewaktu-waktu kita sakit tidak pusing lagi memikirkan biaya pengobatan. Terlebih kita tidak tahu kapan kita sehat maupun sakit," katanya.

Andrie pun bercerita jika dirinya juga pernah melakukan pengobatan memasang ring jantung di Rumah Sakit harapan Kita. Berbekal keanggotaan Askes yang sekarang menjadi BPJS-Kesehatan, dia mengaku tidak mengeluarkan biaya pengobatan.

"Keberadaan BPJS Kesehatan ini sangat membantu. Untuk itu, jangan baru mendaftar sebagai peserta saat jatuh sakit," katanya.

Pihaknya pun berharap BPJS dapat meningkatkan pelayanan sehingga masyarakat dapat merasakan layanan yang prima.

"Kami juga meminta pemahaman dan sosialisasi yang dilakukan BPJS ditingkatkan dan semakin diperluas sampai daerah pinggiran sehingga masyarakat benar-benar memahami fungsi dan manfaat BPJS," katanya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Fitria Nurlaila Pulukadang mengatakan pihaknya sejak Januari 2017 meningkatkan dan memperluas sosialisasi.

"Sejak Januari lalu, sudah kita laksanakan ke kelurahan dan desa termasuk melibatkan RT/RW. Secara bertahap hingga nantinya dapat dilaksanakan secara menyeluruh. Kita pun terus bersinergi dengan pemerintah daerah, tokoh masyarakat maupun tokoh agama," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan Nurlaila di sela acara Rapat Koordinasi Forum Pembauran Kebangsaan se Kalimantan Tengah 2017 dan sebelum acara sosialisasi BPJS Kesehatan kepada tokoh masyarakat yang hadir acara Rakor FPK.