Dua Aktris Ini Galang Dana Bangun Masjid di Sevilla

id Dewi Sandra, Oki Setiana Dewi, Dua Aktris Ini Galang Dana Bangun Masjid di Sevilla, masjid, spanyol

Dua Aktris Ini Galang Dana Bangun Masjid di Sevilla

Aktris Dewi Sandra. (ANTARA FOTO/Teresia May)

London (Antara Kalteng) - Dewi Sandra dan Oki Setiana Dewi, dua artis Indonesia pendukung dan pengisi film serial "A Tile for Seville", tengah berada di Madrid, Spanyol, untuk mengampanyekan pengalangan dana bagi pembangunan sebuah masjid dan pusat kebudayaan Islam di Sevilla.

Kampanye ini sendiri diinisiasi LSM Malaysia "Ukhwah for Ummah" didukung LSM Indonesia "Aksi Cepat Tanggap" (ACT) yang menjadi mitra Yayasan Masjid Sevilla dalam menggalang dana dari masyarakat Malaysia dan Indonesia untuk membangun Mesjid dan Pusat Kebudayaan Islam di Sevilla, demikian keterangan KBRI Madrid yang diterima Antara, Jumat.

Sekretaris Yayasan Mesjid Sevilla Ibrahim Hernandez mengaku mendampingi proses pengambilan adegan film yang dibintangi Dewi Sandra dan Oki Setiana Dewi serta artis Malaysia Irma Hasmie, Faizal Tahir, Suffian Amrin, Farah Asyikim dan Singapura Elfaeza Ul Haq yang berlangsung di beberapa kota di Spanyol dengan latar belakang sejarah peradaban Islam, seperti Madrid, Toledo, Cordoba, Granada, dan Sevilla.

Artis-artis ini berperan dalam serial film 20 episode dengan latar belakang jejak-jejak kejayaan siar dan peradaban Islam di Andalusia masa lampau. Banyak adegan film menggambarkan dialog antara artis dengan muslim Sevilla yang berjumlah sekitar 300-500 orang yang mengungkapkan kerinduan pada adanya masjid di Sevilla.

Yayasan Mesjid Sevilla bersyukur karena artis terkenal Indonesia, Malaysia dan Singapura menaruh perhatian serta mendukung sepenuhnya upaya muslim Sevilla mendirikan masjid di kota ini.

Duta Besar RI di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso menjamin seluruh muslim Indonesia di Spanyol menyambut baik dan mendukung kampanye donasi pembangunan masjid di Sevilla agar muslim kota ini mempunyai rumah ibadah yang layak.

KBRI Madrid dan Diaspora Indonesia di Madrid mengundang artis dan seluruh anggota tim pembuatan film kampanye "A Tile for Seville" untuk syukuran karena pengambilan film berjalan lancar dan seluruh anggota tim pendukung semangat, sehat dan semakin tebal rasa syukurnya karena dapat berpartisipasi dalam kegiatan amal kampanye donasi itu.