Pemkab Barito Utara Bersihkan Drainase yang Tersumbat

id Barito Utara, barut, Muara Teweh, pemkab barito utara, Dinas PUPR, Pemadam kebakaran, Fery Kusmiadi, kalimantan tengah, kalteng

Pemkab Barito Utara Bersihkan Drainase yang Tersumbat

Kepala Seksi Kebersihan Dinas PUPR Barito Utara, Hamdani Basri bersama petugas pembersihan yang dibantu petugas Damkar saat membersihkan drainase yang tersumbat di Jalan Imam Bonjol Muara Teweh, Jumat. (Istimewa)

Saat ini kita masih mengalami musim hujan, untuk itu kami minta bantuan masyarakat di dalam kota Muara Teweh dan sekitarnya untuk menjaga kebersihan, dan jangan membuang sampah di parit atau sungai,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, bersama Pemadam Kebakaran setempat membersihkanan saluran drainase yang tersumbat di depan eks gedung bioskop Jalan Imam Bonjol Muara Teweh, Jumat.

Pembersihan drainase dilakukan karena menghambat lajunya aliran air di sepanjang jalan tersebut. Dinas PUPR melalui Seksi Kebersihan membersihkan dan membongkar lapak yang menyumbat aliran air di drainase tersebut.

Kepala Dinas PUPR Fery Kusmiadi melalui Kepala Seksi Kebersihan Hamdani Basri mengatakan masyarakat yang membuka berdagangnya dan menambah lapaknya yang menjadi pemicu tertutupnya drainase tersebut, sehingga air yang seharusnya mengalir ke bagian yang lebih rendah jadi terhambat sehingga meluber sampai ke jalan.

"Kita mengharapkan kepada warga sekitar agar jangan membuang sampah sembarangan, apalagi sampai membuang sampah dalam parit. Hal ini nantinya akan menyebabkan penyumbatan aliran air di parit", katanya disela-sela pembersihan drainase," katanya.

Dia juga mengharapkan partisipasi masyarakat dalam membantu pemerintah daerah dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Saat ini kita masih mengalami musim hujan, untuk itu kami minta bantuan masyarakat di dalam kota Muara Teweh dan sekitarnya untuk menjaga kebersihan, dan jangan membuang sampah di parit atau sungai," kata Hamdani.

Sementara, salah seorang warga RT 26 Jalan Imam Bonjol MUara Teweh, Marsiah mengatakan pihaknya meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang untuk melihat dan mengecek saluran drainase yang sering kali setiap turun hujan mengalami banjir sampai ke jalan.

"Saya sudah menghubungi Dinas PUPR dan mereka lansung tanggap dan lansung mekakukan pembersihan di saluran drainase yang tersumbat," kata dia.

Ia menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Barito Utara, khususnya Dinas PUPR yang telah melakukan pembersihan drainase di Jalan Imam Bonjol.

"Kami warga RT 26 menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Barito Utara. Tadinya drainase yang tersumbat akibat ada oknum warga yang menyumbat drainase dengan ban dan di cor beton, kini sudah normal kembali," ujarnya.

Pewarta :
Editor : Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar