Pemkab Barut Gelar Lomba Desa dan Kelurahan

id Barito Utara, barut, Muara Teweh, pemkab barut, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sugianto Panala Putra, lomba desa, lomba kabupa

Lurah Lanjas Tri Winarsih (tengah) dan jajarannya foto bersama para tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Barito Utara di depan Kantor Lurah Lanjas di Muara Teweh, Jumat. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten setempat yang diikuti 14 desa dan satu kelurahan yakni Kelurahan Lanjas.

"Pelaksanaan penilaian lomba desa dan kelurahan harus didahului dengan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang dinilai dan ikut dalam lomba desa dan kelurahan adalah yang berkembang dan cepat berkembang, sedangkan yang tidak berkembang tetap menjadi perhatian untuk dibina," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sugianto Panala Putra di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Sugianto, dalam penilaian lomba desa dan kelurahan ini dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan tingkat regional. Dalam pelaksanaan penilaian perlombaan desa dan kelurahan mengacu pada indikator penilaian sesuai ketentuan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

Dalam penilaian ada instrumen pemantau dan instrumen pengungkap data dan nilai perkembangan desa dan kelurahan terdiri dari tiga bidang yaitu bidang pemerintahan terdiri dari pemerintahan desa/kelurahan, kinerja inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi/e goverment.

"Kemudian bidang kewilayahan terdiri dari identitas desa dan kelurahan, batas wilayah desa dan kelurahan serta inovasi tanggap dan siaga bencana. Dan ketiga bidang kemasyarakatan terdiri dari partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, PKK, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat," katanya.

Sugianto menjelaskan, ada beberapa keuntungan dalam pelaksanaan lomba desa dan kelurahan, selain sebagai ajang kompetisi antar desa dan antar kelurahan juga untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dari semua golongan dalam membangun desanya.

Memelihara dan meningkatkan kebersihan lingkungan baik lingkungan pekarangan masing-masing maupun lingkungan sarana umum yang ada dengan demikian dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat.

Selain itu juga meningkatkan pelayanan pemerintahan dan pembangunan terhadap masyarakat dan meningkatkan kerjasama antar pimpinan desa, aparat desa, lembaga/organisasi, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan ibu-ibu PKK serta masyarakat lainnya untuk saling bahu membahu membangun desanya.

"Kemudian meningkatkan inisiatif dan kreatifitas dalam rangka percepatan keberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa dan kelurahan dalam membangun desa menuju desa mandiri dan sejahtera, serta meningkatkan tertib administrasi, baik admnistrasi pemerintahan desa, BPD, LPMD dan PKK desa dan kelurahan," jelas dia.

Sementara Lurah Lanjas, Tri Winarsih mengatakan kelurahannya sudah dua kali mengiktui lomba desa dan keluarahan yakni tahun 2015 Kelurahan Lanjas meraih juara pertama tingkat kabupaten dan pada tahun 2017 ini, kembali Kelurahan Lanjas mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Barito Utara.

"Tahun ini merupakan yang kedua kalinya Kelurahan Lanjas mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Barito Utara. Tahun 2015 lalu Kelurahan Lanjas juga pernah mengikuti lomba Kelurahan tingkat Kabupaten Barito Utara dimana pada lomba tersebut Kelurahan Lanjas Meraih juara I," ujarnya.

Dia mengatakan, diikutkannya Kelurahan Lanjas ini dalam lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten, lomba ini juga sebagai salah satu pemicu untuk lebih baik kedepannya dalam hal pelayanan, tertib administrasi.

"Dengan adanya lomba ini otomatis kami akan membenahi pelayanan dan administrasi, karena kami harus berkompetisi dengan kelurahan-kelurahan lainnya yang ada di Kabupaten Barito Utara," katanya.

Ia juga berharap, dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Barito Utara ini Kelurahan Lanjas bisa menjadi yang terbaik, sehingga kedepannya akan berkompetisi dengan kelurahan-kelurahan yang ada di Kalimantan Tengah.

"Kami mengharapkan dalam lomba ini, Kelurahan Lanjas bisa meraih juara pertama, dan akan mewakili Barito Utara ditingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Dan juga dengan adanya lomba kelurahan ini sebagai penyemangat kami untuk lebih baik dalam hal pelayanan dan administrasi dan dalam hal pembangunan khususnya di Kelurahan Lanjas," kata lurah yang akrab dipanggil Neneng ini.

Pewarta :
Editor: Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar