94 Pejabat Baru Sukamara Untuk Penyegaran, Ini Nama Pejabat Pratama

id bupati sukamara pelantikan pejabat sukamara, pejabat sukamara

94 Pejabat Baru Sukamara Untuk Penyegaran, Ini Nama Pejabat Pratama

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman menyaksikan pejabat yang dilantik menandatangani berita acara pelantikan pada acara pengambilan sumpah dan janji 94 pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator di lingkungan Pemkab Sukamara, Kamis (27/4/20

Sukamara (Antara Kalteng) - Sebanyak 94 pejabat baru di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sukamara telah dilantik untuk mengisi jabatan yang masih kosong dan penyegaran organisasi pemerintah daerah.

"Pelatikan para pejabat ini guna mengisi jabatan yang masih kosong seperti kepala dinas atau badan yang beberapa waktu lalu masih dijabat pelaksana tugas. Hal ini juga untuk penyegaran dan keseimbangan organisasi," kata Bupati Sukamara H Ahmad Dirman.

Menurut UU No. 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, penyebutan jabatan terhadap para pejabat eselon II, III dan IV sebagai ASN, adalah jabatan pimpinan tinggi pratama sama dengan pejabat eselon II dan jabatan administrator sama dengan pejabat eselon III.

Selain itu, surat edaran Menpan dan Reformasi Birokrasi menyebutkan pengisian jabatan pimpinan tinggi di pemerintah daerah yang mengalami perubahan organisasi sebagai konsekuensi pelaksanaan PP No. 18 tahun 2016 dilakukan dengan cara pejabat pimpinan tinggi yang dikukuhkan, pengisian jabatan pimpinan tinggi melalui uji kesesuaian.

"Pengisian jabatan pimpinan tinggi sudah sesuai prosedur, yaitu melalui seleksi terbuka atau lelang jabatan dan mereka yang dilantik saat ini sudah melalui hal ini dan sudah sesuai dan hasil rekomendasi oleh BKN, oleh karena itu pengisian dan mutasi jabatan ini sudah melalui proses dan prosedur yang benar melalui penilaian se-obyektif mungkin dari tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat)," terang Dirman.

Dengan sudah terisinya semua jabatan disetiap SOPD di Kabupaten Sukamara, Pemkab dan masyarakat berharap kinerja SOPD akan meningkat. Selain itu sebagai pejabat tinggi pratama yaitu kepala dinas dapat mengayomi bawahannya, jangan sampai terjadi pengkotakan-kotakan sehingga program yang akan dilaksanakan akan terganggu.

Sementara itu, Kepala BKD Sukamara, Yan Suharyono menerangkan bahwa 94 pejabat yang dilantik merupakan eselon II B para Kepala Dinas dan Badan serta III A yaitu pejabat administrator atau sekertaris Dinas dan Badan.

"Untuk saat ini yang dilantik dan diambil sumpah janji itu pejabat eselon II A, IIB dan III A, III B, dan eselon IV sebanyak 94 dan 9 di antaranya pejabat yang telah direkomnedasikan oleh BKN setelah mengikuti asesmen beberap waktu yang lalu," kata Yan Suharyono

Beberapa pejabat yang telah dilantik menjadi pejabat tinggi pratama diantaranya,

- Pengihutan Bajarnahor Kepala Dinas Sosial, PMD,PP dan PA  
- Aji Nugraha, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,
- Irlan Khodriansyah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian,  
- Yofi Yudistira, Kepala Dinas Perikanan, 
- Karyono, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, 
- Ahmad Lamsidi, Kepala Dinas Kesehatan, 
- Iswan Gamaayan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, 
- Rendy Lesmana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup,
- Arief Rahman Hakim, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman