Peserta UN SMP Sukamara 858 Siswa, Tahun Depan UNBK

id UNB-KP sukamara, ujian nasional smp sukamara, smp sukamara

Peserta UN SMP Sukamara 858 Siswa, Tahun Depan UNBK

Plt Sekda Sukamara H Sutrisno saat meninjau pelaksanaan UNB-KP di SMPN-1 Sukamara didampingi Kepala Dinas Dikbud Sukamara Ilham Massora. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Pemerintah Sukamara terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sukamara, salah satunya peningkatan pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP bisa dilaksanakan berbasis komputer (UNBK) pada tahun mendatang.

"Untuk ujian nasional tingkat SMP sederajat ada pemikiran kita ke depan harus berbasis komputer. Tetapi karena perlunya kesiapan yang matang tahun ini masih belum bisa dilaksanakan," kata Plt Sekda Sukamara, Sutrisno seusai meninjau pelaksanaan UNB-KP di SMPN 1 Sukamara, Selasa (2/5).

Menurutnya, jika seluruh sekolah di Kabupaten Sukamara bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), maka tidak perlu mencetak kertas soal ujian dan lebih efesien.

"Efisiensi bisa dilakukan  karena tidak membuat soal di kertas, tidak ada pensil, karena itu perlu persiapan yang harus betul-betul, jangan sampai ada kesalahan saat pelaksanaannya nanti," ucap Sutrisno.

Dikatakannya, apabila tahun depan dilaksanakan UNBK maka berbagai persiapan harus dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukamara seperti sarana unit komputer yang harus tersedia di seluruh sekolah, serta jaringan internet dan listrik harus dipersiapkan, jangan sampai jadi kendala.

"Harapan saya untuk ujian nasional tahun ini lebih baik pelaksanaannya," terang Sutrisno.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukamara, Ilham Massora menerangkan ada 18 sekolah SMP dan MTs di Kabupaten Sukamara yang mengikuti UNB-KP dengan jumlah siswa 858 orang.

"Pelaksanaan ujiannya dilakukan pada sesi II tepat pukul 10.30 WIB, sedangkan untuk target kelulusan 100 persen,” ucap Ilham.