Bappeda Kota Jajaki Kerjasama dengan Badan Usaha

id Kota Palangka Raya, Bappeda Kota Jajaki Kerjasama dengan Badan Usaha, Kepala Bappeda Kota Hera Nugrahayu

Bappeda Kota Jajaki Kerjasama dengan Badan Usaha

Kepala Bappeda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Jika hanya mengandalkan APBD, pembangunan kita tidak akan bisa melesat. Untuk itu, kita akan segera jajaki kerja sama pembangunan dengan badan usaha...
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah tengah mempelajari skema kerja sama dengan badan usaha swasta guna mempercepat pembangunan di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini.

"Jika hanya mengandalkan APBD, pembangunan kita tidak akan bisa melesat. Untuk itu, kita akan segera jajaki kerja sama pembangunan dengan badan usaha. Saat ini kita pelajari skemanya," kata Kepala Bappeda Kota Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Kamis.

Dia mengatakan, arahan kerja sama pemerintah daerah dangan badan usaha dalam percepatan pembangunan tersebut sesuai arahan Kemendagri dan Kementerian Keuangan.

"Kita baru mendapat sosialisasi dan arahan dari kemendagri dan kemenku agar pemerintah daerah mulai melakukan percepatan pembangunan dan peningkatan infrastruktur melalui pola kerja sama dengan badan usaha," katanya.

Menurut Hera juga yang pernah menjabat sebagai Kepala Dispenda Palangka Raya ini, potensi percepatan pembangunan melalui pola kerja sama dengan badan usaha ini belum digarap maksimal.

"Pola ini bisa kita lakukan dan masih sangat potensial. Jika hanya tergantung APBD maka pembangunan kita akan lambat. Apalagi keuangan kita terbatas," katanya.

Pihaknya belum bisa menentukan waktu pelaksanaan pola kerja sama tersebut, apalagi pola kerja sama yang ditetapkan pemerintah pusat tersebut dinilai cukup rumit.

"Kita harus mempelajari pola kerja sama ini dengan seksama dan menyeluruh agar nantinya tidak menimbulkan masalah di tengah perjalanan. Apalagi orisentasi badan usaha ini berorisentasi pada `profit` sementara pemerintah mengutamakan pelayanan," katanya.

Meski demikian, pihaknya optimis pola kerja sama tersebut dapat segera dilaksanakan mengingat sejumlah wilayah lain di Indonesia telah menerapkan program yang sama dalam upaya percepatan pembangunan daerah.