Seruyan Ikuti 11 Cabang Festival Isen Mulang

id festival isen mulang, kontingen seruyan di fbim, primermen

Seruyan Ikuti 11 Cabang Festival Isen Mulang

Ilustrasi - Sejumlah peserta dari beberapa Kabupaten/Kota menunjukan tarian khas daerahnya masing-masing pada karnaval FBIM 2016 dalam rangka HUT Provinsi Kalteng ke-59 tahun di kawasan Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Rabu (18/5/2016) (FOTO ANTARA

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah rencananya akan mengikuti 11 dari 20 cabang lomba yang akan diselenggarakan pada Festival Budaya Isen Mulang di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, 19-22 Mei 2017.

"Kita sudah memastikan untuk mengikuti 11 dari 20 cabang lomba Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2017," kata Ketua Kontingen Seruyan Primermen di Kuala Pembuang, Jumat.

Ia menjelaskan, ke-11 cabang lomba yang akan diikuti kontingen dari Seruyan adalah lomba Pawai Karnaval Budaya, Fotografi, Tari Daerah Pesisir, Tari Daerah Pedalaman, Jukung atau Perahu Tradisional, Balugu, Besei Kambe, Habayang, Karungut, Pencak Silat Membuka Lawang Sekepeng dan Putra Putri Pariwisata.

"Kita memang tidak bisa mengikuti seluruh lomba karena menyesuaikan dengan anggaran. Bahkan rencana sebelumnya kita akan mengikuti 12 cabang lomba namun karena anggaran terlalu besar maka tidak kita ikuti," katanya.

Menurutnya, meski Seruyan belum dapat mengikuti seluruh cabang yang dilombakan pada festival budaya terbesar di "Bumi Tambun Bungai" namun setidaknya Seruyan sudah dapat berpartisipasi dan turut serta dalam melestarikan budaya daerah yang akan di Kalteng khususnya di Seruyan.

"Harus dipahami bahwa festival tersebut bukan hanya ajang untuk unjuk prestasi. Tapi lebih jauh lagi festival itu bertujuan untuk melestarikan dan mempromosikan adat budaya yang kita miliki di daerah," katanya.

Primermen yang juga Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Budaya Seruyan ini menambahkan, kontingen Seruyan akan mematok target juara di setiap cabang lomba yang diikuti.

"Kita tentu menginginkan membawa piala juara sebanyak-banyaknya. Karena itu, kepada semua peserta yang mengikuti festival kita dorong untuk terus berlatih dan menjaga kesehatan serta fisik sehingga dapat tampil maksimal pada festival nanti," katanya.