SLTA di Barsel Belum Terima Dana BOS, Kenapa?

id dana BOS, SLTA di Barsel, jumadi, dinas diknas barsel

SLTA di Barsel Belum Terima Dana BOS, Kenapa?

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Barito Selatan, Drs Jumadi. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang berada di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah hingga kini belum menerima dana Biaya Operasional Sekolah tahun berjalan.

"Hal tersebut karena pihak Sekolah Lanjutan Tingkat Atas sedang menyusun Rencana Anggaran Biaya," kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional Barsel, Jumadi, di Buntok, Selasa.

Menurut dia, apabila Rencana Anggaran Biaya (RAB) belum disusun dan dikirimkan, maka pemerintah pusat tidak bisa menyalurkan dana tersebut ke masing-masing sekolah.

"Kalau dulu untuk dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) disalurkan terlebih dahulu dan setelah itu baru pihak sekolah menyusun RAB dan sekarang RAB nya disusun, baru dananya disalurkan," jelas Jumadi.

Menurut dia, Sekolah Lanjutan Tingkat Atas kewenangannya pemerintah provinsi, maka RAB nya dikirimkan atau diunggah ke provinsi, dan selanjutnya pihak provinsi mengirimkannya ke pusat.

"Setelah itu baru pemerintah pusat mengirimkan dana BOS tersebut ke rekening masing-masing sekolah SLTA," tambah dia.

Kemungkinan lanjut dia, apabila semua RAB tersebut telah disusun dan dikirimkan ke pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi, dananya akan dicairkan dalam bulan ini.

"Kita berharap kepada Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Barito Selatan ini agar secepat menyusun dan mengirim RAB nya sehingga dana itu bisa disalurkan bulan ini," demikian Jumadi.