4 SD di Barito Utara Tak Laksanakan UN

id UN SD barito utara, ujian SD, masdulhaq

4 SD di Barito Utara Tak Laksanakan UN

Sejumlah murid SDN 1 Kandui Kecamatan Gunung Timang menjawab soal UN SD/MI pada hari pertama, Senin. (Foto Dinas Pendidikan Barito Utara)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Empat dari 179 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah tidak melaksanakan ujian nasional atau ujian sekolah berbasis nasional tahun 2017 karena tidak ada murid kelas enam di sekolah tersebut.

"Empat SD itu tidak melaksanakan ujian nadional (UN) karena tidak ada murid kelas VI," kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Masdulhaq di Muara Teweh, Senin.

Menurut Masdulhaq, SD yang tidak melaksanakan USBN tahun ini yakni SDN 1 Tambaba Kecamatan Gunung Purei, SDN 1 Jangkang Lama Kecamatan Lahei Barat, SDN 1 Hurung Enep Kecamatan Lahei dan SDN 1 Sampirang Kecamatan Teweh Timur.

"Karena kekurangan murid kelas 6, sejumlah sekolah itu tahun ini tidak melaksanakan UN," katanya.

Mashdulaq mengatakan, USBN tingkat SD/MI negeri dan swasta tahun ajaran 2016/2017 akan diikuti 2.867 murid pasa 15-17 Mei 2017.

Kegiatan UN yang diikuti ribuan murid di kabupaten pedalaman Sungai Barito tahun ini tersebar di 179 sekolah baik dalam kota Muara Teweh maupun sembilan kecamatan lainnya. Ribuan murid peserta UN tersebut terdiri atas SD sebanyak 2.540 orang dan MI 327 murid.

Dia mengatakan, peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik dan telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran.

Kelulusan mereka ditentukan satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik berdasarkan laporan hasil belajar dari kelas I semester 1 sampai kelas VI semester 2.

"Kita mengharapkan tahun 2017 tingkat kelulusan peserta ujian nasional tingkat SD/MI di Barito Utara dapat mencapai 100 persen," kata Masdulhaq.