Barsel Ikuti Lomba Festival Budaya Isen Mulang

id kontingen barsel, festival isen mulang, raden sudarto

Barsel Ikuti Lomba Festival Budaya Isen Mulang

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Barsel, H. Raden Sudarto (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) -  Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah akan mengikuti lomba pada Festival Budaya Isen Mulang yang akan dilaksanakan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur pada 19-27 Mei 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Pariwisata dan kebudayaan Barito Selatan, Raden Sudarto di Buntok, Senin mengatakan kontingen Barsel akan mengikuti lomba pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tersebut.

"Kita nantinya akan memberangkatkan sebanyak 86 orang peserta untuk mengikuti 11 cabang lomba olahraga tradisional pada kegiatan tingkat provinsi itu," katanya.

Menurut dia, ke-86 peserta tersebut rencananya akan diberangkatkan pada 18 Mei 2017, dan kegiatan pelepasan kontingan Barsel akan dilaksanakan dihalaman kantor Bupati setempat.

"Kesiapan kontingen Barito Selatan untuk mengikuti 11 cabang olahraga tradisional tersebut sudah 100 persen, dan tinggal menunggu keberangkatannya saja," ucap Raden Sudarto.

Ia berharap doa dan dukungan masyarakat kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini agar kontingen yang akan diberangkatkan nantinya bisa meraih prestasi terbaik.

"Kita akan mengupayakan pada FBIM 2017 ini, prestasi yang diraih bisa melebihi dari tahun-tahun sebelumnya," harap dia.

Selain itu Raden Sudarto juga menyampaikan bahwa ada sejumlah prestasi yang telah diraih oleh putra putri Barito Selatan pada 2017 ini.

"Pada 7-9 Mei 2017 lalu, atlet disabilitas Barsel meraih 3 medali emas dan 7 perak pada kegiatan olahraga tingkat provinsi yang berlangsung di Palangka Raya,"tambah dia.

Sedangkan pada 2 Mei lalu, putri Barsel berhasil meraih juara 1 pada kegiatan Bahana Nusantara dan 18 Agustus 2017 akan diberangkatkan magang ke Jakarta selama 18 hari.

"Kita juga akan memberangkatkan putri Barsel yang akan mewakili provinsi Kalimantan Tengah mengikuti putri pariwisata di Jakarta," demikian Raden Sudarto.