Bupati Kotim Ajak Kadin, Untuk Apa?

id bupati kotim, kadin kotim, sinergit kadin dan pemkab

Bupati Kotim Ajak Kadin, Untuk Apa?

Bupati Kotim H Supian Hadi bersama Ketua Kadin Kotim Susilo (kiri) dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mengajak Kamar Dagang dan Industri meningkatkan sinergitas untuk membina pelaku usaha dan meningkatkan perekonomian daerah.

"Saya yakin pengurus baru Kadin akan memiliki banyak inovasi untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam bidang apapun. Kalau perlu nantinya Kadin menggandeng BUMD yang dibentuk pemerintah daerah. Saya yakin Kadin akan lebih maju nantinya," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Rabu.

Supian mengatakan, pemerintah daerah menetapkan peningkatan ekonomi kerakyatan sebagai salah satu program prioritas. Tujuan itu akan mudah dicapai hanya jika pemerintah daerah menggandeng pihak lain, khususnya Kadin.

Kadin sebagai wadah bernaungnya seluruh pelaku usaha, diharapkan membantu pemerintah untuk membina pelaku usaha. Dengan pengalaman yang dimiliki, Supian yakin Kadin dapat mendorong kemandirian pelaku usaha di Kotawaringin Timur.

Pemerintah daerah menjalankan berbagai program untuk mendukung pelaku usaha kecil agar mampu meningkatkan usahanya. Namun upaya ini akan lebih maksimal hasilnya jika dibantu Kadin yang memang mempunyai pengalaman dalam mendampingi pengusaha.

"Saya yakin pengurus yang baru memiliki terobosan-terobosan untuk peningkatan. Tapi memang perlu ada peningkatan kinerja dari pengurus Kadin yang baru," kata Supian.

Ketua Kadin Kotawaringin Timur Susilo mengatakan, Kadin akan bersinergi dengan pemerintah daerah. Kadin juga akan memberikan pelayanan publik, termasuk untuk pelaku usaha kecil.

"Kadin akan membuat kartu anggota untuk memudahkan pelaku usaha kecil di Kotawaringin Timur mengakses berbagai layanan. Bahkan saya sudah berbicara dengan Bank Mandiri dan mereka akan memberi kemudahan kredit kepada pelaku usaha kecil yang bernaung di bawah Kadin," kata Susilo.

Susilo menegaskan, Kadin milik semua pelaku usaha, baik perusahaan besar, menengah, kecil, pelaku usaha perorangan, BUMN, BUMD dan lainnya. Kadin juga akan mendata seluruh pelaku usaha kecil di Kotawaringin Timur dan akan dibentuk tim untuk pembinaan.