BPJS Kesehatan Promosikan Hidup Sehat Lewat "Gebyar Prolanis"

id BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya, dr. Fitria Nurlaila Pulukadang, BPJS Kesehatan Promosikan Hidup Sehat Gebyar Prolanis

BPJS Kesehatan Promosikan Hidup Sehat Lewat "Gebyar Prolanis"

Peserta tengah mengikuti senam pada acara Gebyar Prolanis di halaman kantor gubernur Kalteng di Palangka Raya, Sabtu (20/5/17). (Dokumentasi BPJS Kesehatan)

senam setiap pagi, kita sudah meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita sehingga tidak mudah sakit,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah mempromosikan pola hidup sehat melalui kegiatan bertajuk Gebyar Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

"Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)," kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya, dr. Fitria Nurlaila Pulukadang, di lokasi Gebyar Prolanis di Palangka Raya, Sabtu.

Ia menerangkan Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif terhadap peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis, seperti diabetes melitus dan hipertensi, untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang lebih efektif dan efisien.

"Melalui kegiatan Gebyar Prolanis, kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan melakukan senam setiap pagi, kita sudah meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita sehingga tidak mudah sakit," katanya.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif untuk menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat.

Gebyar Prolanis yang dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Kalteng ini diikuti ratusan peserta termasuk para lansia. Selain itu juga dimeriahkan sejumlah rangkaian kegiatan seperti lomba senam Prolanis dan senam cerdik, edukasi kesehatan kepada masyarakat, pemeriksaan penunjang gratis bagi peserta serta lomba cerdas cermat antarklub prolanis.

Pada acara Gebyar Prolanis tersebut, Fitria juga kembali mempromosikan Mobile Screening sebagai salah satu fitur dalam aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang sangat berguna untuk mendeteksi risiko penyakit kronis sejak dini.

Peserta dapat mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan Mobile di Google Play Store, kemudian melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan.

"Melalui aplikasi tersebut, kami berharap peserta JKN-KIS dapat lebih peduli untuk melakukan pemeriksaan riwayat kesehatannya. Semakin dini peserta mengetahui risiko kesehatannya, semakin cepat upaya pengelolaan risiko itu dilakukan, sehingga jumlah penderita penyakit kronis dapat menurun," jelas Fitria.

Hingga Mei 2017 tercatat di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya memiliki 47 klub Prolania dengan total peserta 1.624 peserta yang tersebar di Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Pulang Pisau, Kapuas, dan Gunung Mas.