Jumat, 20 Oktober 2017

Polres Seruyan Intensifkan Patroli Perairan

id polres seruyan, AKP Mashudi, Polres Seruyan Intensifkan Patroli Perairan
Polres Seruyan Intensifkan Patroli Perairan
Foto Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Fadlansyah)
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Satuan Polisi Perairan Polres Seruyan, Kalimantan Tengah mengintensifkan patroli perairan untuk mencegah masuk dan terjadinya tindak kejahatan di wilayah kabupaten tersebut.

"Patroli rutin dilakukan sebagai upaya antisipasi tindak kejahatan di perairan, seperti pencurian ikan, penyelundupan barang-barang ilegal serta berbagai macam tindak kejahatan lainnya," kata Kasat Polair Polres Seruyan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Mashudi di Kuala Pembuang, Sabtu.

Ia menjelaskan, patroli rutin dilakukan personel Polair setiap hari dengan waktu yang berubah-ubah di sekitar Muara Sungai Seruyan serta wilayah pesisir pantai Seruyan.

"Dengan adanya patroli ini diharapkan masyarakat dapat mendapatkan pelayanan dengan mudah apabila terjadi berbagai masalah di wilayah perairan Polres Seruyan," katanya.

Ia mengatakan, selain untuk meningkatkan pengawasan, patroli rutin juga dilakukan untuk mensosialisasikan kalaikan angkutan air kepada pemilik angkutan baik danau, sungai dan laut serta kepada pemilik jasa pelayaran.

"Imbauan terus kita sampaikan agar tingkat pemahaman terutama dari pihak pemilik angkutan sungai atau laut, mampu terus mengedepankan unsur keselamatan selama melakukan perjalanan dengan transportasi air," katanya.

Ia menambahkan, salah satu cara mengutamakan keselamatan adalah dengan menyertakan atau melengkapi peralatan keselamatan di air, seperti penyediaan dan pemakaian jaket pelampung.

"Jaket pelampung ini sangat penting sekali guna menjaga keselamatan dari ancaman kejadian yang tidak diinginkan bersama. Contohnya seperti angkutan atau kapal tenggelam dan lainnya," katanya.

Ia menilai sejauh ini tingkat kesadaran kepemilikan sarana keselamatan seperti jaket pelampung oleh pihak angkutan air sudah cukup baik. Pemilik angkutan air selalu menyertakan alat keselamatan saat akan melakukan perjalanan di sungai atau pelayaran di laut.

"Namun, kita akan terus melakukan sosialisasi ini dengan harapan kesadaran pentingnya menjaga keselamatan dapat tetap terjaga, tumbuh dan berkembang dengan baik," katanya.

Editor: Rachmat Hidayat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga