Kemenag Kalteng-Palangka Raya Pantau Hilal Jumat

id Kemenag Kalteng-Palangka Raya Pantau Hilal Jumat, Kemenag Kalteng, pantau Hilal

Kemenag Kalteng-Palangka Raya Pantau Hilal Jumat

Rukyatul Hilal ((ANTARA/SAIFUL BAHRI))

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah bersama Kanwil Kemenag Kota Palangka Raya akan melaksanakan pemantauan rukyatul hilal untuk menetapkan puasa 1 Ramadhan 1438 hijriah pada Jumat.

"Seperti tahun sebelumnya, Insyaallah rukyatul hilal akan kita laksanakan di atap hotel Aquarius pada 26/5 tapi para 25 kita sudah mulai persiapan," kata Kepala Kantor Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah Baihaqi di Palangka Raya, Selasa.

Dia menerangkan pelaksanaan pemantauan tersebut akan dimulai sekira pukul 16.00 WIB dengan melibatkan sejumlah organisasi masyarakat Islam yang ada di kota berjuluk "Kota CantiK" Palangka Raya.

Di antara persiapan yang dilakukan tim pemantau tersebut ialah menerima laporan keadaan cuaca dan persiapan lainnya di wilayah lain di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" dan "Bumi Pancasila" ini.

Pemantauan hilal tersebut, tambahnya merupakan tugas rutin setiap tahun yang dilaksanakan Kementerian agama pada sejumlah daerah di Indonesia.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) Kemenag, M Thambrin di Jakarta, mengatakan dalam menentukan awal puasa tahun ini, Kemenag akan memantau hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia.

Rencananya, sidang Isbat akan digelar di Kantor Kementerian Agama jalan MH Thamrin, Jakarta, dimulai pukul 17.00 WIB dan akan dihadiri pimpinan ormas Islam, Ketua MUI, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari 22 negara-negara sahabat, dan sejumlah tokoh Islam.

Sidang diawali dengan sesi pra sidang berupa pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1438H oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.

Usai shalat Magrib berjamaah, dilanjutkan sidang isbat akan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais).

Selanjutnya, hasil sidang isbat akan diputuskan setelah melihat data serta pemantauan hilal dari beberapa daerah di Indonesia yang masuk lalu disampaikan kepada masyarakat melalui siaran televisi secara langsung pada Jumat 26 Mei 2017.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar