Ini Janji Gubernur Kalteng Terkait Izin Galian C

id Ini Janji Gubernur Kalteng Terkait Izin Galian C, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Ini baru saja ditandatangani 28 izin galian C di Kotawaringin Timur. Selain itu juga ada 24.000 hektare lahan yang dikeluarkan izinnya untuk wilayah pertambangan rakyat di Kotawaringin Timur,"
Sampit (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran berjanji akan memberi kemudahan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan izin usaha galian C sesuai aturan.

"Ini baru saja ditandatangani 28 izin galian C di Kotawaringin Timur. Selain itu juga ada 24.000 hektare lahan yang dikeluarkan izinnya untuk wilayah pertambangan rakyat di Kotawaringin Timur," kata Sugianto di Sampit, Rabu.

Penertiban tambang galian C belum lama ini menjadi sorotan masyarakat dan pelaku usaha. Selain banyaknya keluhan pelaku usaha yang kehilangan pendapatan, penertiban itu juga berdampak pada terhentinya aktvitas ekonomi di sektor ini.

Sugianto menegaskan, tidak ada sedikitpun niatnya untuk mempersulit masyarakat dalam berusaha. Yang dilakukannya adalah mendorong masyarakat agar menjalankan usaha secara legal sehingga terhindar dari masalah.

Penertiban yang dilakukan juga disertai solusi agar aktivitas ekonomi masyarakat sesuai aturan hukum. Pemerintah daerah berkomitmen memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus izin usaha.

"Saya tidak ingin masyarakat saya bekerja secara melanggar aturan, nanti terkena sanksi hukum. Urus izin usahanya, kami akan bantu. Saya sudah memerintahkan Dinas Pertambangan untuk membantu," kata Sugianto.

Banyaknya aspirasi maupun protes masyarakat terkait penertiban galian C, menjadi perhatiannya. Dia memahami apa yang dirasakan masyarakat, namun pembenahan harus dilakukan demi masa depan masyarakat dan daerah yang lebih baik lagi.

Sugianto meyakinkan bahwa apa yang dilakukannya bertujuan untuk kemaslahatan masyarakat. Dia meminta masyarakat memberikan kesempatan kepadanya untuk melakukan penataan dalam banyak sektor yang menurutnya perlu dibenahi.

Dia ingin aktivitas galian C dilakukan sesuai aturan dan memperhatikan masalah kelestarian lingkungan. Selain itu, aktivitas galian C juga diharapkan berkontribusi signifikan terhadap pendapatan daerah yang akan digunakan untuk membiayai pembangunan. 

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar