Jumat, 20 Oktober 2017

80 Lapak Ramaikan Kuliner Ramadhan Kapuas

id pasar ramadhan kapuas, pasar ramadhan, bupati kapuas
80 Lapak Ramaikan Kuliner Ramadhan Kapuas
Bupati Kapuas dan ibu Ary Egahni Ben Bahat SH mengunjungi para pedagang makanan di pasar kuliner Ramadhan Kapuas, Sabtu (27/5) sore. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)
Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Pasar kuliner Ramadhan di Kuala Kapuas dibuka secara resmi oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, Sabtu (27/5) sore. Sedikitnya 80 lapak yang dipakai pedagang makanan atau kuliner ikut meramaikan Pasar Ramadhan yang berada di kawasan stadion Panujung Tarung Kuala Kapuas. 

"Semoga pasar kuliner ramadhan ini bisa membawa berkah dan rezeki bagi pedagangnya serta mempermudah warga masyarakat kota kuala Kapuas dalam menyiapkan menu berbuka puasanya atau buat sahur selama bulan ramadhan ini," kata Ben. 

Pasar kuliner Ramadhan ini, lanjutnya, sudah masuk tahun keempat dimana para pedagang tidak harus mengeluarkan biaya sewa karena ditanggung oleh pemerintah daerah. 

"Ini tahun keempat, sesuai janji saya dulu saya saat terpilih sebagai Bupati," tuturnya. 

Harapannya, tambah Ben lagi,  kuliner Ramadhan di Kapuas jadi salah satu daya tarik masyarakat baik dalam maupun luar daerah untuk berkunjung dan berbelanja makanan yang beberapa memiliki khas tersendiri. "Selamat berdagang semoga laris dan untuk semua masyarakat yang menjalankan ibadah puasa selamat berpuasa bulan Ramadhan, " ucapnya. 

Ketua panitia Abdul Hamid dalam laporannya menjelaskan bahwa dari 80 lapak tersebut terdapat juga dari Dinas Perindagkop, PKK, dan Bulog serta disiapkan tenda tambahan bagi pedagang pasar malam. "Kita menggandeng EO untuk menyiapkan pasar malam agar di kawasan kuliner Ramadhan ini ramai pengunjung," jelasnya. 

Selama sebulan ada aktivitas tambahan berupa hiburan yang dimulai dari sore hari hingga waktu berbuka berupa kegiatan seni terjadwal seperti lomba dai cilik, hafiz hafizah, bercerita, mewarnai, lomba bedug dan musik akustik yang semua bernuansa Islami," terangnya. 

Namun begitu pihak panitia telah mengantisipasi agar kegiatan pasar malam dan aktivitas lainnya tidak mengganggu kekhusyukan masyarakat dalam menjalankan ibadah. "Kita juga siapkan tempat beribadah lengkap dengan fasilitas wudhu bagi yang tidak sempat pulang ke rumahnya," tambahnya. 

Pembukaan kuliner Ramadhan sore itu selain dihadiri bupati dan istri juga wakil bupati dan istri serta tampak lengkap muspida, tokoh agama, SKPD dan masyarakat. Sebelum berkunjung dan berinteraksi dengan para pedagang, Bupati dan para undangan disuguhi penampilan gerak dan lagu religius dari Lasqi Kapuas. 

Editor: Zaenal A.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga