Pasar Wadai Ramadhan Muara Teweh Dipadati Pengunjung

id bupati barito utara, Nadalsyah, Pasar Wadai Ramadhan Muara Teweh Dipadati Pengunjung

Pasar Wadai Ramadhan Muara Teweh Dipadati Pengunjung

Bupati Barito Utara Nadalsyah, Kapolres Barito Utara, AKBP Tato Pamungkas Suyono, Wakil Ketua I DPRD Mery Rukaini, Ketua TP PKK Hj Sri Hidayati dan Sekda Jainal Abidin serta kepala SOPD saat meninjau pasar wadai ramadhan di Muara Teweh. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara) - Pasar wadai atau kue bulan suci Ramadhan tahun 2017 di kawasan water front city Jalan Panglima Batur Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah ramai dipadati pengujung sejak dibuka beberapa hari lalu.

"Datang lebih awal bisa lebih enak memilih-milih. Kalau sudah sore akan sulit, selain pengunjungnya berdesakan, makanan yang hendak kita cari sudah keburu habis," kata Agus Sidik warga Muara Teweh ketika membeli kue untuk berbuka puasa, Senin.

Pasar wadai Ramadhan yang dibuka Bupati Barito Utara, Nadalsyah pada Sabtu (27/5) sore itu diikuti 60 pedagang dengan menjual beberapa jenis kue khas bulan puasa, ikan dan sayuran.

Warga rela berdesakan mencari kudapan dan lalapan untuk berbuka puasa. Bahkan sampai sore masih terlihat antusias warga memadati pasar wadai tersebut.

Pemandangan seperti ini, bakal terus terlihat hingga satu bulan kedepan, sebab tradisi seperti ini hanya bisa ada sekali dalam setahun, tepatnya setiap memasuki bulan suci Ramadhan hingga akhir Ramadhan. Datang lebih awal bisa lebih enak memilih.

Selain dikawasan jalan Panglima Batur atau di kawasan bantaran Sungai Barito, pasar wadai juga terlihat di depan pasar Barito Permai dan perempatan simpang empat lampu merah jalan Sengaji Hulu dan Sengaji Hilir dan bundaran Nelayan.

Namun keberadaan sangat tidak tepat, sebab bisa menghambat jalur lalu lintas dan juga ada himbauan dari Satpol PP larangan tidak berjualan di wilayah perempatan jalan itu.

"Sangat tidak strategis, bila berjualan diperempatan lampu merah. Sebab sangat menganggu kelancaran lalu lintas. Alangkah baiknya bila bila berjualan di pasar wadai yang disediakan Pemkab setempat," ujarnya lagi.

Pantauan dilapangan, kawasan pasar wadai yang disediakan pemerintah setempat sangat padat arus lalu lintas. Kawasan itu dijaga pihak Satlantas Polres Barito Utara, Dinas Perhubungan Barito Utara dalam pengaturan lalu lintas di dua tempat yang digunakan untuk berjualan kue ramadhan.