Yantengli Resmi Diberhentikan dari Jabatan Bupati Katingan

id Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, Bupati Katingan, Yantengli, Yantengli Resmi Diberhentikan dari Jabatan Bupati Katingan, bupati katingan d

Yantengli Resmi Diberhentikan dari Jabatan Bupati Katingan

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) bersama Yantengli di Istana Isen Mulang saat diwawancarai sejumlah awak media di Palangka Raya, Rabu (7/6/17). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyerahkan surat Menteri Dalam Negeri yang memberhentikan Ahmad Yantengli dari jabatan Bupati Katingan, di Istana Isen Mulang, rumah jabatan Gubernur Kalteng, Rabu sore.

Apabila ada gugatan secara hukum terkait pemberhentian tersebut silakan ditempuh, namun hendaknya tetap memikirkan kebaikan bersama, kata Sugianto usai menyerahkan surat pemberhentian tersebut kepada Yantengli.

"Setelah ini, rencananya malam ini Wakil Bupati Katingan Sakariyas akan dipanggil ke rumah jabatan gubernur,"katanya.

Pemanggilan ini dilakuka Gubernur untuk menyerahkan surat Mendagri yang mengangkat Sakariyas sebagai Plt Bupati Katingan untuk menggantikan Yantengli, tambahnya.

Orang nomor satu di provinsi Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila mengatakan surat pemberhentian Yantengli dari Bupati Katingan yang kemudian mengangkat Sakariyas menjadi Plt Bupati diserahkan Mendagri per 26 Mei 2017.

Sugianto pun mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Katingan agar tidak perlu berdemonstrasi dan dapat menerima pemberhentian Yantengli, ataupun mengadakan pesta rakyat menyambut Sakariyas diangkat menjadi Plt Bupati Katingan.

"Semua harus legawa agar kondisi Provinsi Kalimantan Tengah tetap kondusif. Sebab, dengan suasana kondusif lah pembangunan dapat terlaksana secara cepat dan optimal sesuai yang dicita-citakan," katanya.

Mantan anggota DPR RI periode 2009-2014 ini mengapresiasi sikap Yantengli yang menerima secara ikhlas pemberhentian tersebut.

Sugianto berkeyakinan bahwa berbagai permasalahan ini merupakan cobaan dan tentu akan ada hikmahnya dikemudian hari.

"Saya dahulu `kan sempat akan menjadi Bupati Kotawaringin Barat, tapi dibatalkan. Ternyata setelah tidak jadi Bupati, saya justru menjadi Gubernur Kalimantan Tengah. Jadi, bukan tidak mungkin Yantengli juga mengalami hal yang sama," demikian Sugianto.