Masyarakat Sampit Antusias Bulog Jual Bawang Putih Murah

id kotawaringin timur, sampit, bulog kotim, bawang putih murah, Masyarakat Sampit Antusias Bulog Jual Bawang Putih Murah

Masyarakat Sampit Antusias Bulog Jual Bawang Putih Murah

Pegawan Bulog Divre Kalteng saat meninjau gudang penyimpanan bawang putih di kantor bulog setempat di Palangka Raya, Jumat (9/6/17). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Sampit (Antara Kalteng) - Penjualan bawang putih oleh Perusahaan Umum Bulog Sub Divisi Regional Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, disambut antusias masyarakat karena harganya lebih murah dibanding di pasaran.

"Saya tadi beli gula, minyak goreng dan bawang putih di Bulog, ternyata harganya memang lebih murah dibanding di pasar. Harga dagingnya juga jauh lebih murah," kata Maria, salah satu warga Sampit, Selasa.

Kabar penjualan bawang putih dengan harga lebih murah dibanding di pasar, menyebar dengan cepat di masyarakat. Sebagian warga pun mengaku sangat tertarik membeli bawang putih dan barang kebutuhan lainnya di Bulog.

Saat ini harga bawang putih di pasaran bervariasi antara Rp45.000 hingga Rp60.000 /kg. Pedagang yang masih menjual dengan harga tinggi mengaku melakukan itu karena stok bawang yang mereka jual itu dibeli saat harga masih tinggi sehingga jika mereka menurunkan harga maka akan menderita kerugian.

"Mudah-mudahan stoknya ada terus jadi masyarakat bisa membeli kebutuhan dengan harga lebih murah dibanding di pasaran. Selain itu, jangan juga dijual ke pedagang karena nanti diborong dan mereka jual dengan harga tinggi di pasar," harap Maria.

Kepala Seksi Harga Pasar, Pengadaan dan Pelayanan Publik Bulog Sub Divre Sampit, Wanto mengatakan, pihaknya menerima 1.250 kilogram bawang putih pada Jumat (9/6) malam lalu dari Bulog Pusat. Respons masyarakat cukup bagus karena harga bawang putih terjangkau.

"Kami menjual dengan harga Rp30.000 per kilogram. Bagi masyarakat yang ingin membeli silakan datang ke kantor kami untuk membeli dengan jumlah yang wajar untuk kebutuhan konsumsi," kata Wanto.

Selain bawang putih, Bulog Sampit juga mendapat pasokan 1.000 kg daging sapi dan 500 kg daging kerbau. Mereka menjual daging sapi dengan harga Rp80.000 /kg dan daging kerbau Rp70.000 /kg.

Harga yang ditetapkan Bulog jauh lebih murah dibanding harga daging sapi di pasaran yang saat ini berkisar Rp120.000 hingga Rp140.000 /kg. Saat ini stok hanya tersisa sedikit sehingga Bulog Sampit kembali mengusulkan tambahan 1.000 kg daging sapi dan 500 kg daging kerbau.