Selasa, 17 Oktober 2017

Polda Kalteng Operasi Gratis 6 Pasien Bibir Sumbing

id operasi bibir sumbing, Polda kalteng, HUT Polri
Polda Kalteng Operasi Gratis 6 Pasien Bibir Sumbing
Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Anang Revandoko beserta istri menyempatkan diri menjenguk pasien bibir sumbing, yang diberikan operasi gratis di rumah sakit Bhayangkara, Minggu (18/6/2017). (Foto Antara Kalteng/Abow)
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-71 pada 1 Juli mendatang, Polda Kalteng memberikan layanan operasi bibir sumbing secara gratis kepada masyarakat yang ada di beberapa wilayah provinsi setempat.

"Kegiatan seperti ini bisa terlaksana atas kerja sama antara Polda Kalteng dengan Smile Train. Semua biaya pasien bibir sumbing yang berjumlah enam orang itu ditanggung oleh yayasan dan penginapan dan makan ditanggung pihak rumah sakit Bhayangkara," kata Koordinator Oprasi Bibir Sumbing Drg. Valerie Clein di rumah sakit Bhayangkara, Minggu.

Valerie menjelaskan, sebenarnya pasien berjumlah sembilan orang hasil penyeleksian tim dokter. tetapi dari sembilan orang tersebut yang dapat ditangani hanya ada enam orang.

"Tiga orang lainnya tidak masuk kategori lantaran masih berumur tiga bulan dan 10 bulan. Dari persyaratan yang boleh untuk dilakukan operasi sumbing pasien berumur di atas 10 bulan," katanya.

Lebih lanjut, dia menambahkan, untuk pasien yang dilakukan operasi tersebut beberapa orang mengalami sumbing sampai ke bagian langit-langit rongga mulut. Sedangkan sisanya hanya di bagian bibir saja.

"Pasien yang sampai langit-langit itu sedikit agak sulit untuk pemulihannya. Tidak hanya dilakukan operasi satu kali saja, melainkan bisa sampai dua atau tiga kali agar penyakit yang dideritanya itu bisa dirapikan," ucap Valerie.

Sementara itu Yanti keluarga salah satu pasien dari Kabupaten Seruyan mengaku senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh pihak Polda setempat. Bahkan dia meminta agar kegiatan seperti ini terus berkelanjutan, guna memberikan keringanan bagi pasien penderita bibir sumbing.

"Kalau kita bayar pribadi melakukan operasi bibir sumbing ini bisa sampai Rp6-9 juta, itu hanya operasinya saja, belum biaya rawat inap dan lain sebagainya. maka dari itu dengan adanya kegiatan ini kami sekeluarga merasa terbantu," kata dia.

Editor: Zaenal A.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga