135 Calon Haji Barito Utara Ikuti Manasik

id Calon Haji Barito Utara, Manasik Haji, Nadalsyah

135 Calon Haji Barito Utara Ikuti Manasik

Bupati Barito Utara H Nadalsyah membuka bimbingan manasik haji bagi calon haji Kabupaten Barito Utara tahun 2017 di gedung Balai Antang Muara Teweh, Jumat. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mulai menyelenggarakan bimbingan manasik haji massal yang diikuti 135 caloh haji yang berlangsung hingga 8 Juli 2017.

"Diharapkan melalui kegiatan ini ibadah yang dilaksanakan sah, benar dan sempurna berdasarkan ketentuan syariat serta tertib, aman dan lancar di perjalanan," kata Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat membuka kegiatan tersebut di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Nadalsyah pemerintah sebagai penanggung jawab penyelenggara ibadah haji akan selalu berupaya dengan sungguh-sungguh menyempurnakan dan meningkatkan manajemen pelaksanaan perhajian Indonesia.

Adapun yang diperlukan oleh jamaah haji antara lain meliputi pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan fasilitas kemudahan, keamanan dan kenyamanan.

"Termasuk bimbingan haji yang akan kita laksanakan dan mudah-mudahan semua calon jamaah haji dapat mengikuti manasik ini dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Bupati yang akrab disapa Koyem itu mengatakan sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekkah, jamaah calon haji harus mempersiapkan diri dengan bermacam-macam persiapan secara matang dan teratur, baik dalam bentuk material maupun ilmu pengetahuan yang diperlukan.

"Sehingga dalam melaksanakan ibadah haji nantinya kita akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan yaitu 'Haji Mabrur dan Maqbul' yang diridhai oleh Allah SWT, karena haji yang Mabrur itulah yang menjadi dambaan dan harapan kita semua," katanya.

Nadalsyah mengatakan begitu pentingnya pelaksanaan ibadah haji sehingga memerlukan persiapan yang matang, baik dari segi pembinaan terhadap calon jamaah haji maupun petugas yang melayani jamaah sejak dari pendaftaran hingga pemberangkatan dari Tanah Air sampai ke Tanah Suci dan bahkan sebaliknya kembali di kampung halaman kembali.

Bimbingan manasik haji yang akan dimulai pada hari Jumat merupakan suatu kesempatan yang diadakan khusus untuk jamaah calon haji Kabupaten Barito Utara mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji.

"Oleh karena itu, kepada jamaah calon haji, saya harapkan dapat mengikuti serta menyimak penyampaian materi dengan baik," ujar Nadalsyah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara H Tuaini mengatakan bahwa pada musim haji tahun 2017 ini jumlah calon haji Barito Utara berjumlah 157 orang namun yang melunasi hanya 132 orang CJH dan ditambah satu orang usia lanjut serta pendamping dan satu orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI).

"Sehingga pada musim haji tahun ini berjumlah 135 orang dari Kabupaten Barito Utara yang tergabung dalam kelompok terbang 8 di gelombang I terdiri dari Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Selatan sehingga satu kloter berjumlah 325 orang jamaah termasuk petugas kloter," kata Tuaini.