Legislator Ini Minta Pemkab Barsel Kembangkan Produk Lokal

id dprd barsel, James Janjam, menggali dan mengembangkan produk lokal

Legislator Ini Minta Pemkab Barsel Kembangkan Produk Lokal

Anggota DPRD Barsel, James Janjam. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok, 10/7 (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, meminta pemerintah kabupaten untuk menggali dan mengembangkan produk lokal.

"Kita berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan bisa mengoptimalkan sumber daya alam yang ada untuk dikembangkan menjadi produk lokal," kata anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), James Janjam, di Buntok, Senin.

Menurut dia, produk lokal yang bisa dikembangkan di antaranya seperti karet, rotan dan batu bata maupun produk lainnya yang sangat berpotensi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Karena rotan dan karet merupakan mata pencaharian sebagian besar masyarakat Barito Selatan secara turun temurun," ujar Jamen Janjam.

Untuk batu bata, lanjut politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barsel itu, saat ini mulai berkembang sedangkan potensi lainnya masih belum digali dan dikembangkan.

Ia pun berharap agar instansi terkait bisa mencari cara untuk menggali, mengembangkan dan mengelola produk lokal tersebut agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Apalagi rotan dan karet saat ini harganya anjlok sehingga membuat sebagian warga mengalami kesulitan dalam mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari," tambah dia.

Ia berharap agar Pemkab melalui instansi terkait agar secepatnya mengoptimalkan pengembangan dan menggali produk-produk lokal lainnya agar bisa menambah penghasilan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.