BPJS Periksa Kesehatan Siswa, Tingkatkan Kesadaran Hidup Sehat

id BPJS Kesehatan, Hidup Sehat, Tingkatkan Kesadaran Hidup Sehat

BPJS Periksa Kesehatan Siswa, Tingkatkan Kesadaran Hidup Sehat

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) akan memeriksa kesehatan umum, gigi dan mulut para siswa SDN 5 Menteng, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Elke Winasri, Selasa mengatakan bahwa program ini bertujuan meningkatkan kesadaran pelajar mengenai cara hidup sehat.

"Kami ingin menunjukkan kepada para pelajar SD betapa murah dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan rajin menggosok gigi, mencuci tangan, dan senam setiap hari, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun sehingga tidak mudah sakit. Kegiatan dilaksanakan besok (Rabu, 19/7)," kata Elke.

Didampingi pihak Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dan Dinas Pendidikan Palangka Raya, dia menerangkan dalam acara yang dilaksanakan di SDN 5 Menteng tersebut juga dilaksanakan acara olahraga bersama antara siswa, orangtua dan masyarakat sekitar.

Selain itu juga akan ada pemberian motivasi oleh Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Kalimantan Timur, Tengah, Utara, Selatan.

"Nantinya kami juga akan memberikan bantuan sejumlah alat olah raga dan sarana UKS termasuk satu unit TV yang diperuntukkan untuk Pojok KUPAS yakni untuk memutar informasi kesehatan dengan sasaran siswa dan guru di sekolah setempat," katanya.

Dalam sesempatan itu, Elke Winasari menjelaskan bahwa kegiatan Hidup Sehat Bersama BPJS Kesehatan diharapkan dapat menggugah pelajar untukmeningkatkan rasa kepedulian, kerelaan membantu sesama, dan gotong royong dalam diri masing-masing.

"Dengan meningkatnya kesadaran generasi muda untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan ke depannya jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan kepada program promotif preventif yang dilakukan agar masyarakat tetap sehat," katanya.

Pihaknya berharap pihak sekolah dan orang tua dapat turut serta dalam membudayakan perilaku pola hidup sehat. Apalagi usia anak SD adalah masa dimana anak-anak meniru kebiasaan orang-orang sekitarnya.

Wanita yang baru sepekan bertugas di Palangka Raya ini menerangkan, di seluruh Indonesia ada 13 SD yang dikunjungi dalam rangka memperingati HUT BPJS Kesehatan.

Sekolah tersebut yaitu SDN 24 Kuta Alam Banda Aceh, SD 13 Tuapeijat Kab. Kepulauan Mentawai, SDN 157 Kecamatan Kemuning Palembang, SDN Jatinegara Kaum 03 Pagi Jakarta Timur, SDN Dewi Sartika CBM Sukabumi, SD Negeri Pendowoharjo Sleman, SDN Banyuanyar 1 Kabupaten Sampang, SDN 5 Menteng Palangkaraya, SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar, Madrasah Ibtiyah Negeri 1 Palu, SDN 1 Semarapura Tengah Klungkung, SD Inpres 18 Sorong,dan SDN Bulakan III Cilegon.