Barito Utara Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana

id Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana, banjir di barut, bupati barut

Barito Utara Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Ompie Herby dan pejabat lainnya melakukan pengecekan sarana dan prasarana usai apel kesiapan dalam rangka penanggulangan bencana alam banjir di Kabupaten Barito Utara di halaman kantor Bupatidi

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar apel kesiapan dalam rangka penanggulangan bencana alam banjir yang saat ini terjadi akibat meluapnya Sungai Barito yang sudah memasuki hari keempat.

Kegiatan dengan inspektur upacara Bupati Barito Utara (Barut) Nadalsyah itu berlangsung di halaman kantor bupati setempat di Muara Teweh, Rabu.

Nadalsyah mengatakan bencana banjir berpengaruh yang sangat luas pada berbagai sektor baik sektor sosial, politik maupun ekonomi. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu SDM yang andal yang dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam penanggulangan bencana.

Menurut dia, upaya pencegahan dan penanggulangan bencana banjir bukanlah semata-mata hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat.

"Oleh sebab itu masyarakat perlu diberdayakan agar dapat mengantisipasi dan mempunyai kesigapan yang tinggi dalam menghadapi setiap kemungkinan terjadinya bencana alam," kata Nadalsyah.

Pada kesempatan itu, Nadalsyah yang akrab disapa Koyem itu mengajak seluruh lapisan masyarakat Barito Utara mendayagunakan dan mengelola dengan baik SDA yang ada agar lingkungan tidak rusak.

"Agar kemudian kita senantiasa siap manakala bencana itu datang, seperti halnya bencana banjir yang saat ini terjadi di daerah kita," katanya.

Bupati Nadalsyah menjelaskan kepada semua yang hadir kegiatan itu dapat menjaga kesiagaan, terampilan dan pengetahuan untuk benar-benar melaksanakan tindakan tanggap darurat dengan cepat, tepat serta siap diarahkan ke daerah bencana kapan saja untuk menyelamatkan menolong dan meringankan saudara-saudara kita yang terkena dampak musibah.

Dia juga berharap kepada semua lapisan masyarakat dan instansi pemerintah untuk ikut serta bertanggung jawab dalam penanggulangan bencana banjir itu dengan cara meningkatkan sikap responsif dan cepat tanggap aparat pemerintah sesuai tupoksi masing-masing.

Kemudian meningkatkan kapasitas kelembagaan maupun pribadi serta meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan menghadapi bencana.

"Di samping itu meningkatkan kepedulian kita masing-masing terhadap kelestarian alam sekitar dan lingkungan kita. Serta meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan, agar terhindar dari segala macam penyakit yang dapat ditimbulkan oleh dampak bencana banjir," jelas Nadalsyah.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Ompie Herby, Sekretaris Daerah Jainal Abidin dan pejabat lainnya baik dari sipil maupun TNI-Polri setempat.