BI Realisasi Pendapatan Pemerintah di Kalteng Menurun

id Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Perwakilan Kalteng, Setian, BI kalteng

BI Realisasi Pendapatan Pemerintah di Kalteng Menurun

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Perwakilan Kalteng Setian. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Bank Indonesia mencatat realisasi pendapatan Pemerintah di Provinsi Kalimantan Tengah pada triwulan I tahun 2017 mengalami penurunan 3,87 persen.

"Kendati pendapatan menurun, namun pertumbuhannya tetap membaik dibandingkan triwulan sebelumnya yang terkontraksi cukup dalam sebesar minus 9,45 persen," ucap Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Perwakilan Kalteng Setian saat Diseminasi Hasil Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Kateng di Palangka Raya, Senin.

Total realisasi pendapatan Pemerintah di Provinsi Kalteng hingga triwulan I tahun 2017 sebesar Rp4,69 triliun.

"Pelaksanaan program tax amnesti mendorong peningkatan penerimaan APBN di awal tahun 2017. Kondisi itu yang mendorong perbaikan penyaluran dana transfer Pemerintah Pusat ke daerah," katanya.

Pendapatan transfer menjadi komponen dengan pertumbuhan tertinggi pada triwulan I tahun 2017. Realisasi pendapatan transfer pada triwulan I 2017 tumbuh sebesar 7,51 persen year on year, meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh negatif sebesar 2,19 persen year on year.

Di sisi lain, pendapatan asli daerah (PAD) Kalteng pada triwulan I 2017 tercatat masih tumbuh sebesar minus 1,89 persen, membaik dibandingkan dengan pertumbuhan di triwulan sebelumnya yang terkontraksi sebesar minus 10,16 persen year on year.

"Tren membaiknya perekonomian mulai tampak pada peningkatan pendapatan daerah di Kalteng," kata Setian yang juga Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng ini.

Belanja Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah secara total masih dalam kondisi menurun. Belanja Pemda pada triwulan I tahun 2017 terkontraksi sebesar minus 1,78 persen year on year.

Meski demikian, kondisi tersebut membaik dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar minus 2,18 persen year on year. Total Realisasi belanja pada triwulan I tahun 2017 mencapai Rp1,93 triliun.

"Seluruh komponen belanja daerah di Kalteng tercatat masih berada dalam kondisi penurunan pada triwulan laporan," kata Setian.