Pengelolaan Arsip di Barito Selatan Perlu Perbaikan, kata Bupati Eddy Raya

id Bupati Barsel, Eddy Raya, Pengelolaan Arsip di Barito Selatan Perlu Perbaikan

Pengelolaan Arsip di Barito Selatan Perlu Perbaikan, kata Bupati Eddy Raya

Bupati dan Wakil Bupati Barsel, H. Eddy Raya Samsuri dan Satya Titiek Atyani Djoedir. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan pengelolaan kearsipan di daerah setempat masih perlu adanya perbaikan.

Hal tersebut disampaikannya pada kegiatan sosialisasi penyuluhan kearsipan di lingkungan pemerintah maupun swasta di wilayah setempat, di Buntok, Selasa.

Oleh karena itu lanjut dia, pengelolaan kearsipan perlu dilakukan pembenahan agar bisa tertata menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Menurut dia, sesuai dalam Undang-undang nomor 43/2009 menjelaskan bahwa arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk, dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi, serta komunikasi yang dibuat, dan diterima oleh lembaga negara.

Akan tetapi lanjut dia, kondisi saat ini, kearsipan masih dianggap sesuatu yang kurang penting, kurang diminati bahkan terkesan banyak yang tak peduli.

"Akibatnya pengelolaan kearsipan dilingkungan pemerintahan Barsel memprihatikan lantaran kesadaran akan arti pentingnya arsip bagi kelancaran tugas-tugas administrasi belum berjalan secara optimal,"tambah dia.

Tak hanya itu, lanjut dia, mindset atau sudut pandang bahwa arsip dinilai masih merupakan kegiatan sampingan bagi kegiatan administrasi sehingga banyak arsip bertumpuk bercampur dengan lembaran yang tidak berguna memenuhi ruang kerja.

"Jika ini dibiarkan, arsip-arsip tersebut akan menumpuk tanpa tahu bagaimana penanganan akan pentingnya arsip sebagai jejak sejarah atau nilai historis,"tambah dia.

Oleh karena itu, melalui kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan aparatur dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, dan benar.