Pemuda Kotawaringin Timur Dimotivasi Berani Berwirausaha

id pemuda kotim, knpi kotim, semangat berwirausaha

Pemuda Kotawaringin Timur Dimotivasi Berani Berwirausaha

Kepala Dispora Kotim, Najmi Fuadi memberi motivasi kepada pemuda Kotim saat seminar kewirausahaan yang digelar KNPI Kotim, Sabtu (29/7/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemuda di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, dimotivasi berani berwirausaha karena peluang usaha di kabupaten ini dinilai masih cukup besar.

"Jangan selalu berharap jadi pegawai. Harus berani berwirausaha. Banyak potensi yang dimiliki. Semua instansi yang berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan harus mendukung," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Timur, Najmi Fuadi di Sampit, Sabtu.

Puluhan pemuda dari kalangan pelajar, mahasiswa dan organisasi kepemudaan, hadir dalam acara seminar wirausaha pemuda dan pendidikan keprotokolan pemuda yang digelar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kotawaringin Timur.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya Ketua Kamar Dagang dan Industri Kotawaringin Timur, Susilo serta narasumber dari kalangan pengelola hotel, akuntan dan pengusaha muda yang sukses di bidang percetakan.

Najmi sangat mendukung seminar ini untuk memotivasi pemuda Kotawaringin Timur agar berani berwirausaha. Kehadiran narasumber bisa menjadi inspirasi bagi pemuda untuk berani mengambil langkah memulai membuka usaha sendiri.

Pemuda diimbau tidak takut memulai usaha karena jika pun mengalami kendala, maka itu masih lebih baik dibanding berdiam diri atau hanya berwacana. Najmi juga berharap instansi terkait lainnya terus mendorong dan membantu pemuda untuk berwirausaha menuju kemandirian ekonomi.

"Sekarang banyak program kredit lunak jika kita butuh modal untuk memulai usaha. Jika pun ada bantuan dari pemerintah, itu sifatnya hanya sebagai stimulan, selanjutnya pemuda harus bisa mandiri," kata Najmi.

Ketua KNPI Kotawaringin Timur, Endra Rosana mengatakan, sudah saatnya yang muda berkarya. Menurutnya, tanpa berwirausaha, akan sulit untuk memperbaiki kesejahteraan karena situasi ekonomi saat ini sedang sulit.

"Berwirausaha adalah jalan menuju kemandirian pemuda agar kita tidak dipandang sebelah mata seperti saat ini di Kotawaringin Timur. Di banyak bidang, masih didominasi kalangan tua. Kami ingin kalangan muda tumbuh," kata Endra.

KNPI Kotawaringin Timur sudah memulai langkah ini dengan membuka Kafe Pemuda di halaman sekretariat mereka di Jalan Yos Sudarso Sampit. Tempat ini menjadi wadah bagi anggota yang ingin memulai usaha, khususnya kuliner.