Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Tugu Jajaka Bartim

id polres bartim, tugu jajaka, bendera merah putih

Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Tugu Jajaka Bartim

Wakapolres Bartim Kompol Arman Muis SIK saat berada di puncak tugu Jajaka dan mengibarkan bendera sang saka merah putih. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Tim ekspedisi merah putih Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Kompol Arman Muis SIK yang menerima bendera merah putih akhirnya berhasil memasang dan mengibarkannya di puncak Tugu Jari Janang Kalalawah (Jajaka) yang terletak di jalan A Yani, tepatnya berbatasan dengan Tabalong, Provinsi Kalsel, Rabu.

Menurut Kapolres Bartim AKBP Raden Petit Wijaya SIK mengatakan, pengibaran sang merah putih tersebut sebagai simbol untuk memaknai perjuangan 72 tahun silam dalam merebut kemerdekaan.

"Kita perlu menumbuhkembangkan kembali rasa nasionalisme dan kecintaan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ungkapnya. 

Indonesia dan pada khususnya di Kabupaten Barito Timur yang memiliki luas 3.834 meter persegi memiliki pluralisme kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

Kemerdekaan Indonesia bukanlah diperjuangkan oleh satu pahlawan,  tapi para pahlawan dari seluruh elemen bangsa.

Karena itu, perlu ada sikap untuk membentengi diri oleh bangsa Indonesia sendiri demi mempertahankan kemerdekaan.

"Untuk itu jangan sampai ada pihak-pihak maupun kelompok tertentu yang mencoba untuk memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI yang hingga saat ini masih Kokoh berdiri di bumi pertiwi ini," tegasnya. 

Petit menegaskan, Polres Bartim akan bertindak tegas terhadap oknum yang mencoba merobek-robek persatuan dan kesatuan bangsa, NKRI dan Pancasila. 

Ia juga mengharapkan masyarakat bartim tetap menjunjung Tinggi Kebhinekaan ini dalam keutuhan NKRI dalam kehidupan sosial.

Wabup Bartim H Suriansyah menambahkan, terkhususnya Pemerintah Kabupaten Bartim akan terus mencegah, menangkal dan meniadakan tiga hal, yakni narkoba, paham radikalisme dan konflik sosial.

"Timnya sudah kita bentuk dan akan melaksanakan tuhas masing-masing, " demikian Suriansyah. 

Dari pantauan Antara Kalteng, setelah Arman menerima bendera dari tim ekpedisi Merah Putih Polda Kalteng, Arman memimpin tim ekspedisi Merah Putih Bartim menaiki tugu Jajaka.

Arman memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk berhasil berada di puncak tugu Jajaka dan mengibarkan bendera merah putih.