PWI Barut Berangkatkan 10 Anggota Ikuti UKW

id PWI Barut, Roby Cahyadi, PWI Barut Berangkatkan 10 Anggota Ikuti UKW

PWI Barut Berangkatkan 10 Anggota Ikuti UKW

Wartawan yang tergabung di PWI Barito Utara saat menggelar rapat persiapan dalam rangka mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 29-30 Agustus 2017 di Palangka Raya, Kamis (3/8). (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah memberangkatkan 10 anggotanya untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan di Palangka Raya pada 29-30 Agustus 2017.

"Kegiatan UKW yang akan diikuti wartawan yang tergabung dalam PWI Barito Utara ini sangat penting diikuti bagi seorang wartawan, agar dapat mengukur kualitas dalam tugas jurnalis mereka sehari-hari, baik itu kegiatan liputan di lapangan maupun di redaksi," kata Ketua PWI Barut, Roby Cahyadi di Muara Teweh, Kamis.

Menurut dia, dari 10 anggota yang rencananya diberangkatkan akan ditambah lima orang cadangan, jika dari 10 orang wartawan tersebut ada yang batal mengikuti kegiatan.

Dalam mengikuti kegiatan UKM tersebut dibagi tiga kategori yaitu kategori Wartawan Muda, Wartawan Madya dan Wartawan Utama.

"Satu orang di kategori kompetensi utama, dua orang di kategori kompetensi madya, dan tujuh orang kompetensi muda, dan lima orang cadangan kompetensi muda. Ke semua wartawan itu selama ini melakukan peliputan jurnalistik di wilayah Barito Utara," katanya.

Dia mengatakan setiap kategori ini akan diberikan bahan ujian yang berbeda-beda, sesuai dengan pekerjaan mereka sehari-hari sebagai wartawan, sebagai redaktur, sebagai redaktur pelaksana dan sebagai pemimpim redaksi.

"UKW itu sendiri telah diatur dalam Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan. Guna meningkatkan kualitas SDM wartawan di daerah kita," kata Roby yang juga wartawan salah satu media terbitan Kalteng ini.

Adapun 10 orang yang berencana mengikuti UKW yakni, Sun Rise Sinulingga dari Media Online Kalamanthana yang diikuti kompetensi kategori utama, M Yamani dari Media Kalteng kategori Madya, dan Melkianus HE dari Media Online Kalamanthana kategori madya.

Kemudian, Saprudianto AMd dari Media Elektronik Batara TV yang diikuti kategori kompetensi muda, Fauzinur Maulana dari Media Dayak Post kategori kompetensi muda dan Sandi Sarjito dari Media Warta Merdeka News kategori kompetensi muda.

Selanjutnya, Aprianoor dari Media Online 1tulah.com yang diikuti kategori kompetensi muda, Rayu Hadi dari Media Tabengan Kategori kompetensi muda, Agustian Rajab dari Media Online Kalamanthana kategori kompetensi muda, Ahmad Pudaili dari Media Online kategori kompetensi muda.

"Selain 10 orang tersebut, mereka juga akan mendapat pendampingingan dua orang pengurus PWI Barut selama UKW di Palangka Raya nanti," katanya.