Pemda Mura Diminta Bantu Bangun Sarana Sekolah di Desa Danau Usung

id desa danau usung, halaman sekolah, pemkab mura

Pemda Mura Diminta Bantu Bangun Sarana Sekolah di Desa Danau Usung

Halaman sekolah dari SDN Danau Usung yang selalu becek dan mudah terkena banjir di musim hujan. (Foto Fery Aldy)

Puruk Cahu (Antara Kalteng) - Pemerintah Desa Danau Usung, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya meminta pemerintah daerah setempat bisa membantu perbaikan sarana sekolah di wilayahnya, sehingga bisa mengoptimalkan kegatan belajar-mengajar.

Kepala Desa Danau Usung, Dahidin menunjukkan contoh halaman SD Negeri di desanya yang masih berupa tanah dan selalu becek atau ada genangan air walapun di musim kemarau.

"Dengan kondisi becek atau ada genangan air maka aktivitas sekolah mnejadi terbatas. Siswa sekolah tidak bisa apel upacara atau senam pagi bersama, juga kegiatan bermain saat istirahat dan olah raga terbatas. Bahkan bila musim hujan, halaman SDN Danau Usung ini seperti genangan banjir," kata Dahidin, Selasa.

Bila air sungai Barito meluap, maka halaman SDN itu bisa terjadi banjir setinggi 40 cm, tambahnya.

Kades semula berharap halaman SDN itu bisa disemen dan ditinggikan permukaannya melalui usulan anggaran dana desa di Musrenbang tingkat kecamatan tahun 2016 untuk pelaksanaan pembangunan tahun 2017 ini. Namun nyatanya hingga kini tidak ada realisasi.

Hal senada dikatakan Riduan, Ketua BPD Danau Usung bahwa warga desa selalu berharap pemerintan memperhatikan sarana sekolah di wilayahnya. 

Menurut Riduan, sarana belajar yang terpenuhi bakal membuat siswa leluasa bergerak dan nyaman bersekolah, dan hal ini penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia lebih berkualitas.