Pemkab Seruyan Berikan Bantuan Induk Sapi ke Kelompok Tani

id induk sapi, pemkab seruyan, Pemkab Seruyan Berikan Bantuan Induk Sapi, kelompok tani

Pemkab Seruyan Berikan Bantuan Induk Sapi ke Kelompok Tani

Foto Ilustrasi - Sapi (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, memberikan bantuan induk sapi kepada sejumlah kelompok tani di kabupaten tersebut.

"Total induk sapi yang kita berikan ada 40 ekor," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan Sugian Noor di Kuala Pembuang, Kamis.

Mantan Asisten II Sekretariat Daerah Seruyan itu menjelaskan 40 ekor sapi diberikan kepada lima kelompok tani yang berasal dari tiga kecamatan yakni Kecamtan Seruyan Hilir sebanyak 10 ekor, Kecamatan Seruyan Hilir Timur 10 ekor dan Kecamatan Seruyan Tengah sebanyak 20 ekor.

"Bantuan induk sapi ini kita berikan kepada kelompok tani untuk mendukung program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang diluncurkan Kementerian Pertanian," katanya.

Ia menambahkan untuk tahun 2017 Seruyan mendapatkan akseptor 430 sapi melalui program Upsus Siwab untuk percepatan populasi sapi dari Kementerian Pertanian.

Program Siwab sudah bergulir sejak awal tahun. Hasilnya, saat ini sebanyak 188 ekor sudah bunting melalui Inseminasi Buatan (IB) dan 103 sapi bunting tidak melalui IB, tapi melalui alam.

Selain itu ada beberapa sapi yang mengalami gangguan reproduksi.

Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut maka populasi sapi di "Bumi Gawi Hatantiring" dapat meningkat sehingga mampu memenuhi kebutuhan daging sapi tanpa bergantung daerah lain.

"Dengan meningkatnya populasi sapi, kita juga bisa membantu pemenuhan daging sapi untuk daerah atau kabupaten lain," katanya.