Kodim Sampit Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan ke Sekolah

id Kodim Sampit, Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa, Wawasan Kebangsaan

Kodim Sampit Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan ke Sekolah

Pasiter Kodim 1015 Sampit, Kapten Infanteri Bambang Yuli memberi paparan tentang wawasan kebangsaan di SMKN 2 Sampit, Kamis (10/8/2017). (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Kodim 1015 Sampit gencar melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan ke sekolah-sekolah untuk memberi pengetahuan dan menanamkan rasa cinta tanah air kepada para pelajar.

"Sangat penting bagi pelajar untuk mengetahui dan memahami wawasan kebangsaan," kata Komandan Kodim 1015 Sampit, Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa melalui Perwira Seksi Teritorial, Kapten Infanteri Bambang Yuli S di Sampit, Kamis.

Sebagai generasi penerus, di pundak para pelajar inilah nantinya nasib masa depan daerah dan bangsa ini,tambahnya.

Kali ini sosialisasi wawasan kebangsaan dilaksanakan di SMKN 2 Sampit diikuti sebanyak 478 siswa. Peserta antusias melihat narasumber dan panitia yang hadir berpakaian TNI sehingga memberikan suasana berbeda.

Bambang Yuli yang menjadi narasumber, menyampaikan banyak hal tentang wawasan kebangsaan. Di antaranya terkait bela negara dan cinta tanah air serta pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Masalah lain yang disampaikan juga terkait bahaya narkoba yang dapat merusak generasi muda dan masa depan bangsa. Peserta juga diberi pemahaman terkait bahaya laten paham radikal maupun yang bertentangan dengan ideologi negara.

Pengetahuan tentang wawasan kebangsaan ini sangat penting agar nasionalisme tertanam sejak dini di jiwa generasi penerus. Hal itu akan menjadi kekuatan besar dalam mempertahankan dan terus memperjuangkan kemajuan bangsa ini.

Saat sesi dialog, peserta antusias menyampaikan berbagai pertanyaan terkait wawasan kebangsaan yang menurut mereka penting untuk dipahami. Banyak pula peserta yang mengaku sangat berminat menjadi anggota TNI sehingga mereka menanyakan tentang syarat supaya lulus tes menjadi anggota TNI.

Wawasan kebangsaan diharapkan dapat menjadi bekal bagi pelajar untuk melindungi diri dari pengaruh-pengaruh negatif dari luar. Pelajar juga diharapkan mampu menjauhkan diri dari kelompok atau paham radikal yang bertentangan dengan hukum dan ideologi negara.

"Kami sangat bersyukur karena peserta sangat antusias mengikuti sosialisasi. Kegiatan ini akan dilaksanakan di tiap wilayah Koramil jajaran Kodim 1015/Sampit," kata Bambang Yuli.

Kodim 1015 Sampit bermarkas di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, namun membawahi tiga kabupaten yaitu Kotawaringin Timur, Katingan dan Seruyan. Masyarakat diimbau untuk mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah.